Tertarik Membangun Bisnis Parfum yang Sukses? Baca Dulu Artikel Ini

Wewangian atau parfum dikaitkan dengan aroma dan dianggap penting untuk meningkatkan citra pengguna di antara penikmatnya.

Berapapun mahalnya gaun atau jas itu, akan lebih baik jika memiliki aroma yang tepat untuk memunculkan kesan yang baik dengan cara menggunakan parfum yang sesuai dengan kepribadian atau acara yang Anda hadiri. Parfum menjadi hal yang sangat dibutuhkan sepanjang waktu dan diproduksi oleh sejumlah merek atau organisasi terkenal.

Mereka dimanfaatkan oleh banyak orang tanpa memandang kelompok usia, status sosial, dan kondisi keuangan di berbagai festival, acara keluarga, pertemuan teman, dan pertemuan resmi.

Jika Anda memiliki merek parfum yang memiliki pengguna setia, Anda akan meraup keuntungan lebih dari 100% dari modal yang Anda keluarkan. Bisnis parfum juga identik dengan produk yang awet dan memiliki masa kedaluarsa yang lama jika Anda menggunakan bahan yang baik dan alami sehingga Anda menyimpan stok selama mungkin sampai produk itu habis terjual.

Tips Sukses Memulai Usaha Parfum Merk Sendiri

1. Merancang Strategi Bisnis Parfum

Memulai bisnis parfum merk sendiri tidaklah mudah bagi pemula. Anda perlu merancang strategi bisnis terbaik untuk dapat memenangkan kompetisi dan sukses di produk wewangian (fragrance) ini. Satu cara bisnis parfum online yang ngehits saat ini adalah membuat brand parfum brand sendiri (kerjasama dengan perusahaan maklon).

Kebanyakan usaha minyak wangi yang dijalankan pemula terbentur pada masalah modal. Ketika merintis usaha dan anda kesulitan modal, maka anda perlu tahu cara bisnis parfum online yang low risk and low budget. Banyak perusahaan fragrance yang menyediakan paket usaha parfum.

Kini, parfum tersedia untuk semua orang dari berbagai kalangan, hadir di berbagai barang konsumen dan tentu bisa Anda manfaatkan menjadi sebuah peluang bisnis parfum.

2. Riset Kebutuhan Customer di Pasar

Sebelum memutuskan untuk terjun dan memulai bisnis parfum merk sendiri, Anda tentu ingin mengetahui bagaimana peluang bisnis parfum di lingkup pasar lokal (dalam negeri), bukan? Asia Skinlab, sebagai jasa maklon parfum legal, akan membahas peluang bisnis parfum di pasar lokal untuk Anda. 

Parfum merupakan jenis wewangian yang dibuat dari kombinasi minyak esensial tertentu untuk menghasilkan aroma yang unik. 

Parfum pertama kali digunakan oleh orang Mesir dalam berbagai kesempatan, tak jarang parfum juga digunakan sebagai tanda status. Namun, pada tahun 1190, parfum mulai diproduksi secara komersial di Paris, dan dari sana berkembang menjadi industri bisnis parfum yang besar.

Laporan dari Statista menyebutkan pendapatan di sektor wewangian global mencapai $416,8 juta pada tahun 2021. Pasar sektor parfum ini juga diharapkan tumbuh setiap tahun sebesar 4,53%. Lalu, bagaimana peluang bisnis parfum di pasar lokal?

Menurut Statista, pendapatan Indonesia di segmen wewangian mencapai USD 394 juta pada 2019. Pasar diharapkan tumbuh 2,4% setiap tahun (CAGR 2019-2023). Dalam perbandingan global, sebagian besar pendapatan dihasilkan di Amerika Serikat (USD 8.159 juta pada 2019).

Di pasar dalam negeri, parfum merek lokal bersaing baik dengan merek internasional impor. Jenis parfum yang tersedia di pasaran juga sangat terbagi-bagi, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan.

Parfum dan cologne memang merupakan komoditas pribadi yang komposisi pasarnya di Indonesia sendiri sangat beragam. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis harus memahami berbagai wewangian yang diminati konsumen lokal.

3. Menentukan Identitas Brand Parfum

Selain berkaitan erat dengan aroma dan wewangian, salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah parfum adalah branding. Tak hanya dalam bisnis parfum, branding juga penting dipikirkan untuk berbagai bisnis lainnya, misalnya bisnis produk sabun kecantikan. 

Branding sangat penting bagi bisnis parfum karena akan berdampak secara keseluruhan untuk perusahaan Anda. Branding merek dapat mengubah cara orang memandang merek, serta dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran akan merek parfum Anda.

Ketika bisnis parfum online anda sedang berjalan, maka perlu waktu bagi pasar mengenali anda, produk anda dan merk anda. Kehadiran perusahaan maklon seperti Asia Skinlab akan sangat membantu anda mengembangkan bisnis parfum branded, tentunya brand parfum milik anda sendiri.

Tak heran ketika membentuk identitas brand dengan baik akan berdampak pada peningkatan omset bisnis, meningkatkan posisi kompetitif di pasar, dan memenangkan loyalitas konsumen terhadap merek Anda. 

4. Menentukan Target Audiens

Apa itu target audiens? Target audiens adalah sekelompok orang yang dijadikan sebagai tujuan pembuatan produk parfum dengan merek Anda. 

Penargetan dalam pemasaran adalah strategi yang memecah pasar besar menjadi segmen yang lebih kecil untuk berkonsentrasi pada kelompok pelanggan tertentu dalam audiens tersebut. 

Langkah ini akan mendefinisikan segmen pelanggan berdasarkan karakteristik unik mereka dan hanya berfokus untuk melayani mereka.

Lalu, apa pentingnya menentukan target audiens?

Menentukan target audiens merupakan hal yang penting karena ketika suatu brand berbicara langsung dengan orang yang ingin ditargetkan, brand tersebut kemungkinan besar akan menarik orang yang tepat. 

Dibandingkan menargetkan audiens yang luas dan bervariasi, target audiens yang spesifik akan membantu strategi pemasaran bisnis parfum Anda menjadi lebih efektif menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar ingin berbisnis.

5. Ikuti tren aroma parfum yang sedang hits

Cara lain yang bisa Anda tempuh agar usaha parfum bisa berjalan lancar adalah dengan menjual parfum yang sedang tren atau banyak digandrungi. Pembeli tentu akan cenderung mencari parfum yang banyak difavoritkan. Ketika usaha parfum Anda bisa menyediakan parfum yang sedang banyak dicari, maka pelanggan juga akan lebih memilih untuk membeli di tempat Anda.


Selain itu, pastikan koleksi parfum yang Anda jual memiliki banyak varian dan pilihan. Mulai untuk wanita, pria, bahkan remaja. Dengan pilihan yang banyak, pembeli juga akan lebih mudah mencari parfum yang sesuai selera mereka. Untuk memudahkan pemilihan parfum, Anda juga bisa menyediakan katalog parfum dan tester parfum di botol-botol kecil.

6. Kerjasama dengan Jasa Maklon Parfum Berkualitas

Setelah mengetahui strategi bisnis parfum, tentu merupakan hal yang sia-sia jika Anda tidak mewujudkannya menjadi bisnis yang nyata. 

Tidak punya pabrik untuk memproduksi parfum dengan aroma yang unik? Tenang, jasa maklon parfum Asia Skinlab siap membantu mewujudkan bisnis Anda! 

Tak hanya memproduksi berbagai wewangian parfum yang unik serta beragam, Asia Skinlab juga akan membantu proses legalitas merek parfum Anda, di antaranya adalah BPOM, HKI merek, serta sertifikasi Halal. 

Tertarik memiliki bisnis parfum merek sendiri? Tunggu apa lagi, yuk, wujudkan parfum impianmu bersama Asia Skinlab!

Tim RnD Asia Skinlab terdiri dari orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga mampu mewujudkan formula skincare impianmu.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786