Apa Itu Prebiotik, Probiotik, Dan Postbiotic?

Sekilas, prebiotik, probiotik, dan postbiotic mungkin terdengar sama. Terlebih, ketiga hal ini saling berhubungan. Namun, terdapat perbedaan yang jelas antara prebiotik, probiotik, dan postbiotic. Termasuk, kegunaannya di dalam skincare.

 1. Jenis berbeda meski saling berhubungan

Prebiotik, probiotik, dan postbiotic memang bisa berdiri sendiri, tapi pada dasarnya, ketiga hal ini saling berhubungan. Inilah perbedaan utama dari ketiganya. Sederhananya, probiotik merupakan bakteri baik yang mendukung banyak fungsi dalam tubuh.

Agar probiotik ini bisa bekerja dengan maksimal, dibutuhkan prebiotik yang mendukung proses kerja probiotik, sekaligus membantu agar terus memproduksi zat baik untuk kulit. Seperti organic acids, bacteriocins, carbonic substances dan enzim. Dalam prosesnya, probiotik ini akan menghasilkan produk sisa, dan inilah yang dinamakan dengan postibiotik.

2. Memiliki manfaat yang berbeda-beda

Secara garis besar, ketiga hal ini tentunya akan melindungi kulit. Namun, terdapat perbedaan manfaat yang cukup jelas, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan masalah yang kamu hadapi.

Untuk kamu yang bermasalah dengan jerawat, probiotik bisa menjadi jawaban untuk mengobatinya. Karena skin care yang mengandung probiotik akan mengurangi iritasi dan memproduksi lactic acid, yang akan menghilangkan breakout. Plus, juga bermanfaat sebagai anti-aging karena akan menghilangkan garis halus dan keripput di wajah.

Lain lagi halnya dengan prebiotik. Prebiotik akan memberikan perlindungan lebih dan membuat kulit jadi lebih kuat. Juga akan membuat kulit lebih stabil dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

Sementara postbiotic juga bermanfaat dalam membuat kulit jadi lebih sehat. Namun, secara spesifik, postbiotic berperan sebagai anti-inflamasi dan juga memaksimalkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, kulit jadi lebih kuat dalam menghadapi serangan eksternal.

3. Saling bekerjasama

Meskipun masing-masing memiliki fungsi utama berbeda-beda untuk kesehatan kulitmu, tapi ketika dipakai bersamaan, tentunya akan memberikan efek yang lebih luar biasa. Karena bagaimanapun, ketiga hal ini saling berhubungan. Terutama prebiotik dan probiotik. Bahkan, tidak jarang satu produk perawatan wajah mengandung prebiotik dan postbiotik sekaligus.

Ketika probiotik dikombinasikan dengan prebiotik, disebut dengan synbiotic. Gabungan keduanya akan memberikan manfaat lebih, mengingat prebiotik mendukung pertumbuhan probiotik. Dan nantinya, akan menghasilkan postbiotic.

4. Disesuaikan dengan jenis kulit dan masalah yang dihadapi

Secara garis besar, bisa dibilang kalau prebiotik, probiotik, dan postbiotic akan sangat dibutuhkan oleh kamu yang memiliki masalah berat dengan wajah, seperti jerawat atau eczema. Namun jika ditelaah lebih lanjut, perlu diperhatikan beberapa hal.

Prebiotik dan probiotik sebenarnya bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, probiotik akan lebih bermanfaat di kulit normal atau kombinasi. Sementara postbiotic akan membantumu yang memiliki maslaah kulit sangat parah dan mengalami inflamasi yang bersifat kritis.

Nah, itu perbedaan dan manfaat prebiotik, probiotik, dan postbiotic . Probiotik menjadi salah satu bahan skincare yang kini tengah popular, dapat digunakan mulai usia 12 tahun hingga 45 tahun. Dapat diolah ke dalam Moisture, Serum, Cleanser, Cream, Sleeping Mask,  Toner.

Banyak banget kan keuntungannya?

Gimana udah terbayang peluang bisnisnya?

Kamu juga bisa membuat skincare brand milikmu sendiri menggunakan probiotik. Jangan khawatirkan soal bahan dan formulanya, Asia Skinlab menyediakan serta melayani proses formulasi dari skincare yang ingin kamu buat.

Tim RnD Asia Skinlab terdiri dari orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga mampu mewujudkan formula skincare impianmu.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786