7 Manfaat Kopi untuk Rambut, Salah Satunya Mencegah Kerontokan

Tahukah kamu, kopi bukan hanya digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk ataupun menemani hari kamu dalam bekerja. Kopi ternyata juga bisa bermanfaat untuk rambut lebih sehat. Apa saja manfaat kopi untuk rambut?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kopi khususnya kafein yang terkandung di dalamnya dapat memperbaiki penampilan dan tekstur rambut. Kopi merupakan bahan yang banyak memberikan manfaat untuk rambut dan kulit kepala, selain itu aromanya juga sangat menyegarkan.

Secara spesifik, berikut ini adalah beberapa manfaat kopi untuk kesehatan rambut Anda:

1. Mengurangi Kerontokan

Salah satu manfaat kopi untuk rambut mampu merangsang pertumbuhan dan menghentikan kerontokan rambut. Oleh karena itu, nengaplikasikan kopi dengan mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala secara rutin dan teratur dapat Anda terbebas dari masalah rambut rontok.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Kafein membantu menghalangi efek dihydrotestosterone (DHT) di folikel rambut pria. DHT itu sendiri adalah hormon yang dapat menyebabkan kebotakan.

Kafein dapat merangsang perpanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih luas. Efek ini sekaligus memperpanjang durasi anagen yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Selain itu, manfaat kopi untuk rambut juga merangsang pertumbuhan keratin yang merupakan protein penting untuk folikel rambut. Meningkatnya keratin akan merangsang sel-sel matriks untuk membelah sehingga rambut tumbuh lebih cepat.

3. Membuat Rambut Lebih Lembut dan Berkilau

Beberapa orang percaya bahwa membilas rambut dengan kopi dapat mengurangi kadar kekusaman rambut. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid, yang merupakan antioksidan pendorong regenerasi rambut.

Tidak hanya itu, manfaat kopi untuk rambut bisa membuat batang rambut menjadi lebih halus, tidak kusut, dan mudah diatur. Bahkan, kafein pun disebut mampu menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala, sehingga membuatnya tampak lebih berkilau.

4. Menggelapkan Warna Rambut

Warna rambut tampak pudar? Jika ya, Anda dapat mengandalkan kopi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu manfaat kopi untuk rambut dapat menggelapkan warna rambut seperti sedia kala jika digunakan sebagai cat rambut.

Perlu diingat, manfaat tersebut hanya berlaku untuk Anda yang pada dasarnya memiliki rambut berwarna cokelat dan hitam. Dan untuk hasil terbaik, gunakan kopi yang kental seperti jenis espresso.

5. Menyeimbangkan pH Rambut

Manfaat kopi untuk rambut selanjutnya dapat menyeimbangkan pH rambut. Serat rambut memiliki pH 3,67, sedangkan kulit kepala memiliki pH 5,5. Menggunakan produk rambut yang memiliki nilai pH lebih tinggi akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Sebagai solusi dari masalah tersebut, Anda bisa mengaplikasikan kopi ke rambut secara berkala. Tindakan ini dapat membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala, sehingga menurunkan risiko kerusakan pada rambut.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dikenal sebagai stimulan yang baik untuk kulit dan rambut, manfaat kopi untuk rambut juga mengandung minyak yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Bahkan, kandungan kopi tersebut juga bisa menstimulasi akar rambut, lho!

Minyak kopi mengandung asam lemak, yang terdiri dari asam linoleat, asam palmitat, dan asam oleat. Kombinasi senyawa itu pun dapat mempertahankan kelembapan rambut Anda.

7. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Kopi dapat Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Tidak hanya untuk tubuh, manfaat kopi untuk rambut juga dapat digunakan sebagai scrub kulit kepala. Gunanya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit kepala Anda.

Setiap kali Anda merasa kulit kepala sangat berminyak dan kotor, gunakanlah masker rambut kopi untuk mengatasinya. Hal ini dapat membuat kulit kepala Anda menjadi bersih dan segar.

Itu dia, beberapa manfaat kopi untuk rambut.

Kamu juga bisa membuat produk hair care seperti Shampoo, Hair Conditioner, Hair Shaft Treatment brand kosmetik milikmu sendiri menggunakan kopi. Jangan khawatirkan soal bahan dan formulanya, Asia Skinlab menyediakan serta melayani proses formulasi dari skincare yang ingin kamu buat.

Tim RnD Asia Skinlab terdiri dari orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga mampu mewujudkan formula skincare impianmu.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786