10 Minyak Esensial untuk Atasi Setiap Masalah Rambutmu

Manfaat minyak esensial semakin dikenal oleh banyak orang. Minyak satu ini kerap digunakan sebagai alternatif pengobatan alami. Dari sekian banyak khasiatnya, manfaat minyak esensial untuk rambut dipercaya bisa membuat rambut lebih sehat dan lebat. 

Apa saja jenis-jenis minyak esensial untuk rambut dan manfaatnya? Bagaimana cara menggunakannya dengan aman? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Ragam minyak esensial untuk memanjangkan rambut

Ada berbagai jenis minyak esensial untuk rambut yang dikenal mampu menumbuhkan rambut. Umumnya, ragam minyak ini digunakan dalam sejumlah produk perawatan rambut. Berikut adalah jenis-jenis minyak esensial untuk rambut lengkap dengan manfaatnya. 

1.    Cedarwood 

Hampir seluruh minyak esensial berkhasiat sama dalam menjaga rambut. Namun pada Cedarwood essential oil, terdapat kandungan yang ampuh untuk menghilangkan penyakit Alopecia Areata. Alopecia Areata merupakan penyakit yang timbul akibat imun tidak bekerja sama dengan tubuh. Sehingga, menimbulkan kerontokan pada rambut, terutama di bagian kepala. 

 

2.    Lavender 

Salah satu ekstrak yang ditemui pada Lavender, memiliki kandungan anti bakteri yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala. Dengan mengoleskannya ke kulit kepalamu kurang lebih 3 sendok makan sebelum mencuci rambut, kulit kepalamu bisa bersih dari kotoran dan debu.

 

3.    Peppermint

Sensasi dingin saat menggunakan peppermint essential oil, bisa meningkatkan jumlah folikel pada rambut. Sebuah penelitian juga telah membuktikannya bahwa ekstrak peppermint ini mampu menyuburkan rambut. Kamu bisa mencampurkan minyak esensial lain dengan peppermint, untuk melakukan 5 menit treatment, sebelum mencucinya dengan shampo.

4.    Thyme 

Permasalahan rambut, seperti rontok dan tidak mudah tumbuh bisa diperbaiki dengan 2 sendok makan essential oil yang kamu diamkan selama 10 menit di kepalamu. Tak hanya rontok, treatment ini bisa jadi alternatif untuk menyuburkan rambut.

5.    Rosemary

Rambut tebal kian menjadi impian bagi semua orang. Dengan memilih minyak esensial Rosemary, ini bisa menjadi pilihan yang tepat, karena perannya yang bisa meningkatkan pembentukan sel rambut. Oleskan minyak ini dengan minyak zaitun ke kulit kepala. Kemudian, diamkan kurang lebih 10 menit sebelum dicuci dengan sampo. Lakukan ini dua kali per minggu untuk hasil terbaik.

6.    Lemongrass

Ketombe yang dibiarkan pada kulit kepala, tentu akan menimbulkan dampak buruk bagi pertumbuhan rambut. Untuk menghilangkannya, kamu bisa mencampurkan Lemongrass essential oil atau minyak esensial dari serai ke dalam sampo atau conditioner-mu sebelum akhirnya digunakan.

7.    Tea tree oil

Sebuah studi di tahun 2013 dan 2015 menemukan bahwa khasiat tea tree essential oil sangat efektif untuk menghilangkan bakteri dan ketombe pada kulit kepala. Untuk melakukan treatment ini sangatlah mudah, kamu bisa mencampurkannya dengan 10 minyak esensial lainnya, bersama dengan sampo dan kondisioner. diamkan selama 15 menit, kemudian lihat hasilnya!

8.    ylang-ylang

Ylang-ylang atau bunga kenanga yang diambil ekstraknya bisa melembapkan kulit kepala yang kering. Efek kulit kepada yang kering, sangat ampuh membuat rambut menjadi patah dan berketombe. Kamu bisa memijat kepalamu dengan minyak ini dan membungkusnya dengan handuk yang hangat. Biarkan selama 30 menit sebelum mencucinya.

9.    Jojoba

Manfaat minyak jojoba untuk rambut dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak jojoba merupakan jenis minyak esensial yang berasal dari biji tanaman Zizyphus jujube.

10. Clary Sage

Minyak esensial yang satu ini, efektif untuk menumbuhkan rambut dan mengistirahatkan rambut yang banyak terkena debu dan polusi. Dengan menggunakannya 2 kali dalam seminggu, kamu bisa menemukan rambutnya tampak kuat dan sehat.

Tips memakai minyak esensial untuk rambut yang aman

Manfaat minyak esensial untuk rambut memang bisa Anda dapatkan. Namun, penting untuk mengetahui cara memakainya dengan aman. Dengan demikian, risiko efek samping penggunaannya dapat diminimalisir. Jika ragu-ragu memakainya, Anda bisa mengecek apakah kulit Anda memiliki alergi terhadap salah satu minyak esensial atau tidak terlebih dulu. Anda bisa mengoleskan minyak esensial ini pada kulit punggung tangan atau belakang telinga, kemudian tunggu reaksinya selama 2 jam.Apabila tidak ada reaksi apa-apa pada kulit yang diolesi minyak esensial, maka Anda aman untuk menggunakannya pada rambut.Cara memakai minyak esensial untuk rambut yang aman, yakni sebagai berikut:

  • Pastikan Anda memilih minyak esensial untuk rambut sesuai jenis kulit. Bagi kamu yang memiliki rambut kering, Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak alpukat untuk melembapkan kulit kepala. Jika rambut berminyak, pilih minyak grapeseed atau minyak almond
  • Setelah memilih salah satu jenis minyak esensial untuk rambut yang akan digunakan, tuang 2-3 tetes minyak dengan 1 sendok makan minyak pelarut. Aduk merata.
  • Oleskan pada kulit kepala seraya memijatnya selama 2-3 menit.
  • Pijat merata ke seluruh bagian rambut di kepala, mulai dari depan samping, tengah, depan, dan belakang.

Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air. Anda juga dapat mendiamkannya selama semalaman

Kamu juga bisa membuat produk skincare perawatan rambut brand kosmetik milikmu sendiri menggunakan Jenis Minyak Esensial diatas. Jangan khawatirkan soal bahan dan formulanya, Asia Skinlab menyediakan serta melayani proses formulasi dari skincare yang ingin kamu buat.

Tim RnD Asia Skinlab terdiri dari orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga mampu mewujudkan formula skincare impianmu.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786