Bikin Kulitmu Glowing, Cek Deretan Manfaat Yogurt untuk Kecantikan Ini

Masker yogurt ternyata bisa menjadi bagian dalam rutinitas perawatan wajah Anda sehari-hari. Bahkan, tak sedikit orang yang ingin memperoleh manfaat yogurt untuk wajah yang dibuat dalam bentuk masker. 

Sudah pernah coba manfaat yogurt untuk wajah? Jika belum, simak berbagai kandungan dan manfaat yogurt untuk wajah selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Kandungan Gizi dalam Yogurt yang Baik untuk Kecantikan

Yogut mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain energi, protein, dan karbohidrat, produk yang dihasilkan dari fermentasi susu ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Sama halnya dengan susu, yogurt pun kaya akan kandungan mineral dan vitamin, misalnya kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, serta vitamin B kompleks. Jenis vitamin yang tidak terdapat secara alami pada yoghurt adalah vitamin D, tapi hal ini telah disiasati melalui fortifikasi terhadap berbagai merk yoghurt.

Zinc

Jenis mineral satu ini dapat membantu mengontrol produksi sebum, dapat merawat dan meringankan jerawat dengan lebih cepat, serta memudarkan bekasnya. Tak hanya itu, zinc pun dibutuhkan dalam pembentukan membran sel dan protein, anti peradangan, dan meningkatkan perlindungan kulit dari sinar ultraviolet.

Vitamin B Complex

Dalam yogurt terdapat kandungan vitamin B complex yang cukup tinggi. Senyawa satu ini dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu merangsang sirkulasi darah agar lebih lancar.

Dengan demikian, oksigen dan nutrisi yang ada dalam aliran darah akan sampai ke seluruh sel tubuh, termasuk bagian kulit kita. Akhirnya, proses regenerasi sel kulit pun akan terus berlangsung dan membuat wajah kita senantiasa tampak sehat serta  lebih awet muda.

Kalsium

Yogurt mengandung banyak jenis mineral, salah satunya kalsium. Kandungan satu ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan berkerja menstimulus epidermis untuk meregenerasi kulit.

Dengan begitu, kulit tubuh akan tampak lebih sehat dan kencang. Tak hanya itu, dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium pada kulit kita, maka dapat membuat kulit jadi lebih lembap, skin barrier meningkat.

Asam Laktat

Jenis asam satu ini terbilang cukup berbeda dengan yang lain, sebab asam laktat terbilang cukup lembut dan tidak membuat kulit kering.

Sebaliknya, asam laktat mampu meningkatkan kelembapan kulit wajah kita, namun tetap mengelupas kulit mati yang sudah tidak sehat.

Berbagai Khasiat Yogurt untuk Kecantikan Kulit

Tak hanya menjadi camilan menyehatkan, yogurt juga bisa jadi bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah Anda sehari-hari. Kandungan nutrisi dalam yogurt tanpa rasa diyakini dapat membantu proses peremajaan kulit. Bila digunakan sebagai masker wajah rutin, berikut adalah manfaat masker yogurt yang bisa didapat. 

1. Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat yogurt untuk masker adalah mencerahkan kulit. Hal ini berkat kandungan asam laktat pada yogurt yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase.

Tirosinase adalah suatu jenis enzim yang bertanggung jawab memproduksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit lebih gelap. Ketika produksi melanin terhambat, maka kulit gelap kusam dapat berubah jadi tampak cerah dan sehat. Manfaat yogurt untuk wajah juga berasal dari kandungan zinc dan kalsium di dalamnya yang dapat merangsang regenerasi sel.

2. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat yogurt untuk masker berikutnya adalah mengangkat sel kulit mati. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yogurt mengandung nutrisi yang berperan sebagai eksfoliator alami. Yogurt mengandung alpha hydroxy acid/AHA alami yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati. 

Meski dapat mengangkat sel kulit mati, lactic acid pada yogurt tidak rentan membuat kulit iritasi. Dengan demikian, proses regenerasi kulit dapat berjalan lebih cepat dan aman. 

3. Melembapkan kulit

Melembapkan kulit juga menjadi manfaat yogurt untuk wajah lainnya. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science. Kandungan asam laktat pada yogurt dapat membantu melembapkan sekaligus membuat kulit tampak lebih segar. 

Kandungan vitamin B2 atau riboflavin di dalamnya juga dapat menjaga hidrasi kulit. Anda bisa rutin menggunakan masker yogurt sambil memijat wajah dengan gerakan melingkar secara lembut. 

4. Mengurangi lingkaran hitam di bawah mata

Punya masalah dengan lingkaran hitam di bawah mata? Coba manfaat masker yogurt satu ini. Yogurt mengandung zinc yang dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam sekaligus membuat wajah lebih cerah. 

5. Meredakan kulit terbakar

Ketika Anda beraktivitas terlalu lama di bawah paparan sinar matahari, ada kemungkinan risiko sunburn atau kulit terbakar matahari bisa terjadi. Kandungan zinc dalam yogurt dapat membantu meredakan sensasi kulit terbakar dan gatal yang merupakan gejala sunburn.

Di samping itu, zinc juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan sekaligus mengembalikan keseimbangan minyak alami pada kulit.

6. Mencegah munculnya jerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat, manfaat masker yogurt satu ini bisa jadi kabar baik. Pasalnya, manfaat masker yogurt dapat melawan bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes, pada kulit. Adanya kandungan zinc juga dapat membantu mengatur produksi minyak alami atau sebum, yang kerap menjadi pemicu tumbuhnya jerawat.  

Sebuah penelitian juga membuktikan kandungan probiotik dapat mengurangi peradangan dengan cara meredakan jerawat dan mencegah kemunculannya di kemudian hari. 

7. Melindungi kulit dari sinar matahari

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2015 membuktikan bahwa manfaat masker yogurt bisa mengurangi dampak negatif dari sinar ultraviolet (UV). Beberapa hasil studi juga menyebutkan potensi manfaat yogurt untuk wajah dalam memperlambat munculnya flek hitam akibat paparan sinar matahari. 

Yogurt dipercaya dapat menciptakan lapisan kulit yang menjadi penangkal radikal bebas pada kulit. Dengan demikian, risiko bintik-bintik penuaan dan kerutan akibat paparan sinar matahari bisa dicegah. 

8. Meningkatkan elastisitas kulit

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit dapat berkurang karena penurunan produksi kolagen yang terjadi secara alamiah. Akibatnya, tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus di wajah bisa muncul dan mengganggu penampilan. 

Nah, sebuah studi meyakini bahwa manfaat masker yogurt dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit kembali terasa lebih kenyal. 

9. Mengurangi tanda penuaan

Kulit yang terasa lebih kenyal dapat membantu mengurangi munculnya tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus. Kandungan asam laktat di dalamnya juga disebut dapat menyamarkan pembentukan keriput dan garis halus di wajah. 

Sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Women’s Dermatology membuktikan bahwa kandungan probiotik dalam yogurt dapat membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. 

10. Meredakan peradangan akibat penyakit kulit

Manfaat masker yogurt lainnya adalah meredakan peradangan akibat gejala penyakit kulit, seperti rosacea, psoriasis, dan eksim. Manfaat yogurt untuk wajah ini diyakini berasal dari efek antiradang yang terkandung dalam probiotik.

11. Mengobati infeksi kulit

Manfaat masker yogurt untuk wajah dalam mengobati infeksi kulit diklaim berasal dari sifat antimikroba di dalamnya. Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk menggunakan masker yogurt pada area kulit wajah yang sedang terinfeksi kulit atau terdapat luka terbuka tanpa persetujuan dari dokter kulit. 

Kamu juga bisa membuat produk skincare brand kosmetik milikmu sendiri dengan kandungan yogurt. Jangan khawatirkan soal bahan dan formulanya, Asia Skinlab menyediakan serta melayani proses formulasi dari skincare yang ingin kamu buat.

Tim RnD Asia Skinlab terdiri dari orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga mampu mewujudkan formula skincare impianmu.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786