5 Face Oil untuk Kulit Berminyak dan Cara Tepat Menggunakannya

Face oil atau facial oil adalah salah satu skincare bertekstur minyak kental yang dibuat dari ekstrak tumbuhan. Kandungan utama di dalam face oil merupakan lemak esensial yang baik bagi kulit.

Asam lemak esensial inilah yang berfungsi menjaga sel-sel dari kerusakan dan mempertahankan elastisitas kulit. Secara garis besar, face oil bekerja sebagai emolien dengan mengunci kelembapan dan memperkuat lapisan kulit teratas.

Selain melembapkan, face oil juga bisa mengontrol minyak dan mengatasi berbagai masalah kulit. Skincare ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan kulit berminyak sekalipun.

Apa Saja Jenis Face Oil untuk Kulit Berminyak?

Face oil dengan kadar asam linoleat tinggi bisa melembapkan kulit tanpa menyebabkan breakout pada wajah. Berikut ini adalah beberapa jenis face oil untuk kulit berminyak yang bisa Anda coba:

1. Jojoba oil

Jojoba oil berasal dari tumbuhan jojoba atau Simmondsia chinensis. Jenis face oil ini mampu menyeimbangkan produksi sebum, mempercepat proses penyembuhan luka atau lapisan kulit yang rusak, serta memiliki efek antiradang dan antibakteri yang bisa mencegah dan mengatasi jerawat.

2. Grapeseed oil

Sejumlah studi menyatakan bahwa grapeseed oil kaya akan vitamin E yang bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan sinar matahari. Selain itu, jenis minyak ini juga bersifat antimikroba sehingga bisa melawan infeksi bakteri penyebab bisul dan jerawat di wajah.

3. Sunflower oil

Selanjutnya jenis face oil untuk kulit berminyak adalah sunflower oil atau minyak biji bunga matahari. Minyak ini baik digunakan untuk menyembuhkan luka bakar ringan, mengatasi kulit kering, serta memperkuat dan memperbaiki lapisan kulit yang rusak.

4. Rosehip oil

Berkat kandungan provitamin A dan antioksidan yang tinggi di dalamnya, rosehip oil dapat melindungi kulit dari peradangan, kerusakan sel, penuaan dini, dan kanker kulit akibat paparan radikal bebas dari stres oksidatif dan sinar UV.

Selain itu, rosehip oil juga digunakan untuk mengatasi kulit kusam dan mencegah munculnya jerawat.

5. Marula oil

Tak hanya melembapkan kulit, marula oil juga bisa menjaga kulit tetap sehat, memperbaiki sel kulit yang rusak, dan mencegah penuaan dini. Manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang ada di dalamnya.

Tekstur marula oil juga cukup ringan dan lembut serta mudah menyerap ke kulit sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit.

Bagaimana Cara Menggunakan Face Oil yang Tepat?

Cara menggunakan face oil cukup mudah, Anda hanya perlu menuang 1–2 tetes minyak atau sesuai kebutuhan ke telapak tangan. Selanjutnya, oleskan ke wajah sambil ditepuk-tepuk secara perlahan hingga menyerap ke kulit.

Selain digunakan sebagai pelembap, face oil untuk kulit berminyak juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah dalam metode double cleansing. Meski begitu, pemilik kulit berminyak tidak disarankan menggunakan face oil setiap hari. Anda hanya perlu menggunakannya sebanyak 2 atau 3 kali saja dalam seminggu.

Agar lebih aman, Anda juga bisa menggunakan pelembap wajah yang berlabel noncomedogenic dan oil-free saat tidak menggunakan face oil.

Terlepas dari manfaatnya, penggunaan face oil juga terkadang bisa menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit. Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu, seperti alergi kacang, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan face oil yang terbuat dari kacang, seperti marula oil.

Agar lebih cocok digunakan pada kulit berminyak, hindari pula penggunaan minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, minyak kedelai, dan minyak sawit.

Selain menggunakan face oil, Anda juga perlu merawat kulit wajah yang berminyak dengan mencuci muka 2 kali sehari, memakai pelembap, menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, dan melakukan eksfoliasi untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah.

Kamu juga bisa membuat produk Face oil brand kosmetik milikmu sendiri dengan beberapa jenis face oil untuk kulit berminyak. Jangan khawatirkan soal bahan dan formulanya, Asia Skinlab menyediakan serta melayani proses formulasi dari skincare yang ingin kamu buat.

Tim RnD Asia Skinlab terdiri dari orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga mampu mewujudkan formula skincare impianmu.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786