Ingin Sukses Branding Bisnis? Hindari Melakukan Hal Ini!

Melakukan branding bisnis suatu produk adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis. Kegiatan ini merupakan proses pemasaran kepada calon konsumen secara luas.

Hal ini dianggap penting untuk sebuah bisnis, terlebih untuk sebuah bisnis kecil atau startup. Namun, tidak semua proses branding akan dengan mudah dijalani. Akan ada banyak kesalahan yang terjadi, seperti berikut ini:

Tidak menetapkan pedoman merek dalam melakukan branding bisnis

Ketika menciptakan identitas suatu merek, Anda tentu saja ingin menetapkan pedoman yang mencakup semua elemen penting di dalamnya. Seperti logo yang sesuai merek, warna merek tagline, font atau tipografi, serta maskot dari brand Anda.

Jika dirasa ada bagian yang belum Anda catumkan dalam pedoman membuat website Anda, maka segera cantumkan dan realisasikan. Dengan begitu identitas brand Anda akan semakin dikenal dan melekat di benak calon konsumen.

Tidak memperhatikan penggunaan merek sebagai branding bisnis

Anda perlu memanfaatkan merek secara baik sebagai proses branding yang kuat dan sukses. Baik di website, media sosial, media cetak dan lainnya.

Namun, perlu diingat, Anda harus tetap memantau dan mengawasi penggunaan merek Anda. Jika tidak, Anda memiliki peluang besar untuk membiarkan pesaing atau kompetitor untuk menciptakan merek yang hampir mirip dengan Anda.

Salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah ketika Anda sudah mendapatkan merek yang pas dan sesuai dengan Anda dan bisnis Anda, segeralah membuat hak paten atas merek Anda. Anda juga bisa membuat sebuah nama domain yang menggunakan nama merek Anda. Dengan begitu, peluang plagiarisme akan semakin kecil.

Meremehkan kekuatan merek

Perlu Anda ketahui, merek merupakan salah satu kunci penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Tanpa adanya merek dan dukungan untuk kekuatan merek, suatu bisnis tidak akan mampu dikenal oleh pelanggan.

Oleh karena itu, Anda harus mampu membuat merek Anda kuat hingga dikenal oleh masyarakat, sehingga ketika pelanggan ingin mencari suatu produk, mereka akan langsung ingat toko Anda. Kekuatan merek juga memengaruhi kedudukan bisnis Anda di mesin pencari, melalui SEO yang tercipta.

Terlalu sering melakukan rebranding

Terkadang sebagian orang terpikirkan sebuah ide baru saat ditengah–tengah perjalanan melakukan branding. Hal ini sah-sah saja, asalkan Anda tidak terlalu sering melakukan rebranding.

Sebab, setiap Anda melakukan proses rebranding, itu akan mengurangi koneksi Anda dengan pelanggan yang sudah mengetahui merek Anda sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk hanya melakukan perubahan ketika benar-benar menghadapi situasi yang sifatnya darurat.

Ini mencegah resiko kehilangan pelanggan pada bisnis Anda. Jika Anda memutuskan untuk membuat perubahan, Anda harus dengan jelas menuntut pelanggan Anda tentang perubahan yang Anda buat.

Dari kesalahan-kesalahan branding bisnis berikut ini, semoga Anda semakin cermat dalam melakukan branding pada bisnis yang Anda jalani. Ikuti terus artikel Mebiso untuk mengetahui tips lainnya!

Ngomong-ngomong soal branding bisnis nih, Anda bisa membuat bisnis kosmetik dengan brand milikmu sendiri. Yap, apalagi kalau bukan dengan maklon kosmetik bersama Asia Skinlab.

Asia Skinlab akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. 

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786

Sumber : mebiso.com