Mengenal Kandungan Skincare Alpha arbutin dan manfaatnya

Alpha arbutin adalah salah satu kandungan yang umum ditemukan dalam produk skincare untuk mencerahkan kulit. Bagi Anda yang sedang bermasalah dengan warna kulit tidak merata, atau ingin punya wajah lebih cerah dan sehat, alpha arbutin bisa menjadi pilihan zat yang perlu digunakan.

Pasalnya, kandungan alpha arbutin cenderung tidak keras di kulit dan cocok digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun.

Alpha arbutin adalah suatu senyawa turunan dari hydroquinon. Alpha arbutin secara alami diekstraksi dari daun tanaman kering, seperti pir, blueberrycranberry, dan bearberry yang efektif untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam. Meski merupakan turunan dari hidrokuinon, alpha arbutin dipercaya lebih aman untuk kulit.

Tak seperti hidrokuinon yang penggunaannya cukup berisiko dan bekerja langsung membunuh sel-sel melanosit, alpha arbutin hanya mampu memperlambat produksi melanin. Penggunaan alpha arbutin cenderung lebih stabil dan efektif bila dibandingkan arbutin atau zat turunan lainnya, seperti beta arbutin.

Kandungan bahan aktif alpha arbutin memiliki banyak manfaat yang membantu mengatasi masalah kulit. Berikut manfaat alpha arbutin pada produk perawatan kulit wajah, dilansir dari berbagai sumber: 

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat alpha arbutin yang pertama adalah membantu mencerahkan kulit wajah, seperti flek hitam akibat paparan sinar matahari, dan noda hitam bekas jerawat.

Alpha arbutin memiliki sifat antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas, yang bisa merusak lapisan kulit luar, membuat kulit tampak kusam, kering dan muncul tanda-tanda penuaan dini.

 Karena kandungan alpha arbutin ini bisa membantu mencerahkan wajah, maka produk ini lebih cocok digunakan untuk kulit kering, kulit kusam dan cenderung kulit normal tidak berjerawat.

Menjadi Lebih Lembab

Kandungan alpha arbutin di dalam produk skincare, bisa membantu membuat kulit wajah tampak lebih dewy, lembut dan lebih bersinar atau glowing.

Memiliki kulit wajah yang kusam, disebabkan karena kulit wajah terlalu sering terpapar sinar matahari, terkena debu, polusi udara, dehidrasi dan terlalu sering menggunakan produk riasan yang memiliki kandungan kimia.

Alpha arbutin memiliki klaim yang bisa membantu menghidrasi kulit yang kusam, membantu menjaga kadar air di dalam kulit, mengontrol minyak dan membuat kulit lebih lembap dan bercahaya.

Aman untuk Kulit Kering dan Sensitif

Kulit kering biasanya memiliki tekstur yang kasar, pecah-pecah, muncul keriput halus, sensitif dan mudah kemerahan karena iritasi.

Kandungan alpha arbutin pada produk skincare, sangat aman digunakan untuk membantu mengatasi masalah kulit kering dan sensitif, karena kandungan ini memiliki tekstur yang lembut dan mudah meresap di dalam pori-pori wajah.

Kandungan alpha arbutin ini juga diklaim sebagai kandungan paling lembut daripada bahan aktif lainnya. Kandungan ini lebih baik digunakan pada malam hari untuk memperbaiki tekstur dan menutrisi kulit, lalu menggunakan sunscreen di pagi hari untuk membantu melindungi kulit wajah.

Membantu Mengeksfoliasi Kulit

Kandungan alpha arbutin yang terdapat di dalam produk skincare, sangat aman jika dipadukan dengan produk yang memiliki kandungan AHA dan BHA, sehingga bisa membantu mengeksfoliasi kulit wajah atau mengangkat sel kulit mati di wajah.

Penumpukan sel kulit mati di wajah, bisa membuat kulit menjadi tampak lebih kusam, memunculkan komedo karena pori-pori tersumbat, hingga menyebabkan kulit menjadi lebih mudah berminyak dan berjerawat.

Selain membantu mengangkat sel kulit mati di wajah, kombinasi kandungan alpha arbutin dengan AHA dan BHA, bisa membantu membersihkan pori-pori hingga lapisan terdalam, membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat, hingga mempercepat proses regenerasi pada kulit wajah.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan alpha arbutin juga bisa digabungkan dengan produk skincare, yang memiliki kandungan vitamin C, retinol dan niacinamide. Perpaduan kandungan bahan aktif ini bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

Kulit yang memiliki tanda-tanda penuaan dini, biasanya muncul kerutan, flek hitam, kulit kusam, kantong mata menggelap dan kurangnya elastisitas pada kulit.

Kombinasi kandungan bahan aktif tersebut, bisa membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, yang bisa membantu membuat kulit menjadi lebih elastis, mencerahkan kulit yang kusam dan membantu menurangi tanda penuaan dini pada kulit.

Siapa yang boleh menggunakan alpha arbutin?

Produk skincare mengandung alpha arbutin untuk mencerahkan kulit sekaligus mengatasi pigmentasi boleh digunakan oleh semua jenis kulit. Selain itu, alpha arbutin juga aman digunakan oleh usia berapa pun. Alpha arbutin aman digunakan secara topikal dengan konsentrasi mencapai 2%. Meski mampu meratakan warna kulit, alpha arbutin cenderung tidak rentan membuat kulit kering dan iritasi. Hal ini karena komponen aktif di dalamnya yang berfungsi untuk mencerahkan kulit.

Adakah efek samping penggunaan skincare dengan kandungan alpha arbutin?

Pada dasarnya, penggunaan skincare mengandung alpha arbutin cenderung aman dilakukan untuk semua tipe kulit. Namun, pada beberapa kasus, efek samping kandungan alpha arbutin bisa saja dialami oleh sebagian orang. Efek samping kandungan alpha arbutin bisa berupa kulit iritasi, timbul jerawat ringan, kulit sensitif terhadap matahari atau muncul luka bakar, serta kulit kemerahan atau iritasi akibat reaksi alergi.

Kamu pun juga bisa membuat produk skincare dengan alpha arbutin dengan nama brand-mu sendiri. Asia Skinlab akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. 

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786