Jenis-Jenis Influencer Berdasarkan Platform Media Sosial

Zaman serba digital membuat banyak orang harus pandai menyesuaikan diri, termasuk kamu dan bisnis yang sedang kamu jalani. Terkait aktivitas pemasaran atau marketing, kamu sebagai pemilik bisnis dituntut untuk bisa melakukan pemasaran di dunia maya alias online marketing.

Aktivitas ini lazim disebut dengan digital marketing. Cara kerjanya adalah memanfaatkan internet sebagai pembuka peluang lebih besar untuk bisnis kamu. Strategi ini dikemas secara modern dan sesuai perkembangan zaman dengan memanfaatkan platform dalam jaringan.

Jika bisnismu saat ini memiliki target konsumen yang berasal dari media sosial, menggunakan jasa influencer marketing bisa kamu coba untuk meluaskan jangkauan serta mampu membuka peluang untuk kolaborasi. Berikut kategori platform yang digunakan oleh para influencer tersebut. 

Blogger

Jenis influencer yang satu ini sudah lebih dahulu dikenal di kalangan penulis blog atau pembaca blog secara umum. Tulisan mereka dicari berdasarkan kata kunci yang disematkan di dalam setiap posnya. 

Blogger adalah seseorang yang memiliki dan/atau mengelola sebuah blog. Cukup banyak blog yang digunakan atau difokuskan untuk melakukan ulasan/review tentang suatu produk, misalnya gawai terbaru atau skincare. 

Ulasan yang ditulis di sebuah blog bisa dibilang lebih lengkap dan panjang, hingga pembaca mendapatkan informasi lebih jelas daripada jika didapatkan di media sosial lain. 

Jika blogger tersebut memiliki pembaca setia cukup banyak, mudah bagi blogger untuk merekomendasikan sebuah produk berdasarkan gaya tulisan dan arahan klien dan menarik minat pembaca untuk mencoba membeli dan menggunakan produk tersebut. 

Jumlah pembaca sebuah blog berpengaruh terhadap keberhasilan kampanye sebuah produk hingga ke tahap pemasarannya.

Influencer YouTube

Lebih dikenal dengan istilah YouTuber, para influencer yang memiliki pelanggan/subscriber setia ini selalu membuat konten dalam bentuk video tentang sebuah informasi, termasuk ulasan produk. 

Berbeda dengan blogger yang menulis sebuah informasi atau ulasan produk di sebuah blog, YouTuber mengulas sesuatu dalam bentuk video. 

Awalnya, istilah yang disematkan kepada mereka adalah vlogger alias video blogger. Peran influencer YouTube atau YouTuber in terlihat signifikan, terutama seiring perkembangan teknologi dunia digital seperti sekarang ini. 

Alasannya adalah karena lebih dari 90% pengguna internet mengenal suatu produk baru melalui video yang diunggah di platform YouTube. Dari sebuah video, para penonton bisa melihat dengan jelas bagaimana gambaran produk yang sedang diulas oleh YouTuber tersebut.

Influencer Instagram

Istilah yang lebih akrab atau sering didengar untuk seorang influencer Instagram adalah selebgram atau selebritas Instagram. Biasanya merujuk pada seorang publik figure yang menggunakan platform Instagram untuk merekam aneka kegiatannya, termasuk mengulas sebuah produk.

Instagram terhitung potensial untuk menyasar pasar di Indonesia karena negara kita ini menempati urutan keempat dengan jumlah 59 juta pengguna Instagram terbanyak di dunia.

Data tersebut bisa menjadi andalan para pemilik bisnis atau perusahaan untuk menggandeng para selebgram atau influencer Instagram dalam berkampanye atau mempromosikan produk.

Influencer TikTok

Tidak jauh berbeda dengan YouTuber dan selebgram, influencer TikTok atau biasa disebut creators memiliki fans dan followers setia yang mengikuti setiap konten terbaru muncul di beranda.

Algoritma TikTok diprogram untuk menilai video yang kamu sukai dan bagikan. Kemudian, algoritma itu mulai menghitung jam menonton, jumlah loves, termasuk ketika video tersebut dibagikan oleh para penggunanya. 

Jumlah pengguna TikTok saat ini lebih dari satu miliar. Hal ini memungkinkan siapa saja bisa mengakses video yang diunggah di TikTok dan kesempatan untuk mendapatkan uang dari unggahan tersebut pun makin luas. 

Para creators dengan jumlah pengikut signifikan di TikTok bisa menjadi influencer yang dapat kamu ajak kerja sama karena kesempatanmu meluaskan pangsa pasar bisa terbuka lebar.

Nah itulah Jenis-Jenis Influencer Berdasarkan Platform Media Sosial yang harus kamu ketahui untuk mengembangkan bisnis. Untuk bisnis kosmetik, kamu dapat bekerja sama dengan penyedia jasa maklon kosmetik, seperti Asia Skinlab.

Dengan banyaknya pengalaman dan tenaga tim ahli yang dimiliki Asia Skinlab, kamu dapat menciptakan parfum yang berkualitas dan mampu bersaing di pasaran. Tidak hanya di pasar lokal, brandmu juga bisa disesajarkan dengan produk luar.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786