Mengenal Jenis-Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers

Seiring berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi di dunia digital, terutama di media sosial, definisi influencer kini sudah ada jenis-jenisnya dan memudahkan mengetahuinya. 

Jenis influencer terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan jumlah pengikutnya di media sosial. 

  • Nano influencer: Jumlah pengikutnya di bawah 10.000 akun
  • Micro influencer: Jumlah pengikutnya 10.000 hingga 100.000 akun
  • Macro influencer: Jumlah pengikutnya lebih dari 100.000 akun

Jika sudah di atas satu atau dua juta followers itu hitungannya selebritas atau kita sebut premium influencer. Sebutan selebritas di sini tidak mesti mereka yang sudah masuk televisi, tapi terkenal. Penjelasan singkatnya di bawah ini.

Nano Influencer

Nano adalah partikel terkecil dengan ukuran 50.000 lebih kecil dari ukuran rambut manusia. Nah, jenis influencer dengan jangkauan paling kecil adalah nano influencer dengan jumlah pengikut 1.000 hingga 10.000 orang. 

Meski jumlah pengikutnya sedikit, nano influencer adalah pilihan populer karena biayanya murah dan menawarkan cukup banyak keuntungan lainnya. Tidak sedikit perusahaan yang memilih bekerja sama dengan influencer baru dengan pengikut tidak lebih dari 2.000.

Alasannya adalah karena makin kecil jangkauan influencer membuat jangkauan target sebuah perusahaan semakin banyak. Bekerja sama dengan nano influencer bisa membuat brand kamu mendapatkan keuntungan lain dari komunitas yang menjadi pengikutnya.

Karena jumlah pengikut sedikit inilah yang membuat antara influencer dan pengikutnya bisa saling berinteraksi dan lebih mengenal melalui platform media sosial hingga engagement yang terjadi pun makin tinggi. 

Karena komunitas yang menjadi followers dari nano influencer tergolong kecil dan bersifat erat serta dekat, kampanye yang dilakukannya juga memiliki sentuhan lebih intim dan personal.

Para pengikut dari nano influencer merasa seolah mendapatkan rekomendasi dari orang yang mereka percaya seperti layaknya teman. Mereka pun cenderung akan mengambil tindakan berdasarkan iklan atau ulasan produk dari jenis influencer ini. 

Meski terkadang, nano influencer jarang mengidentifikasi diri mereka sebagai influencer karena bagi mereka sosial media hanyalah saluran untuk menuangkan ide atau hobi. Bisa jadi, cara mereka bekerja pun tidak atau belum terlalu profesional. 

Harap diingat bahwa engagement yang kuat akan meningkatkan kepercayaan pengikutnya makin tinggi dengan biaya sangat murah dan terjangkau. 

Micro Influencer

Setingkat di atas nanomicro influencer memiliki jumlah pengikut 10.000 hingga 100.000. Secara umum, masyarakat dan warganet memiliki kepercayaan lebih tinggi terhadap jenis influencer ini karena ada bidang tertentu yang dikuasainya.

Mereka biasanya mendapatkan followers karena memiliki kanal YouTube dengan topik khusus seperti kecantikan, ulasan gawai, traveling, kuliner, atau lainnya. Atau mereka yang sudah membangun akun Instagram dan perlahan meningkatkan jumlah pengikut karena aktif mengunggah konten berkualitas dan spesifik secara reguler dengan topik tertentu. 

Biasanya micro influencer adalah seorang health expert, beauty expert, atau keahlian lainnya pada dua media sosial tersebut. Makin niche tema konten media sosialnya, makin mudah pula engagement yang akan terbentuk secara organik. 

Karena keahliannya inilah, micro influencer bisa mendapatkan pengikut yang setia dan percaya dengan setiap konten yang mereka unggah di media sosial. Biasanya segmen yang dicari dalam menggunakan jasa micro influencer adalah usia 18 hingga 24 tahun.

Untuk biaya yang harus dikeluarkan seorang pebisnis agar bisa bekerja sama dengan micro influencer masih tergolong murah dan terjangkau. 

Macro Influencer 

Makin meningkat jumlah pengikut media sosialmu, kamu bisa disebut sebagai macro influencer. Jenis influencer ini bisa disematkan bila sudah memiliki sekitar 100.000 hingga satu juta pengikut.

Engagement antara influencer dan pengikutnya tetap ada, tetapi terlihat kurang kuat. Dengan jumlah followers sebanyak itu, pasti kebutuhan jangkauan pesan yang ingin disampaikan makin luas dan berdampak pada biaya yang dikeluarkan akan lebih besar.

Macro influencer cenderung memiliki pengikut atau audiens beragam dengan minat bermacam-macam. Mereka rata-rata sangat peduli dengan brand awareness yang dibutuhkan klien. Mereka pun lebih mudah diakses dan dihubungi daripada mega influencer.  

Mega Influencer

Influencer dengan jumlah pengikut lebih dari 1 juta disebut dengan istilah mega influencer. Secara umum, jenis influencer yang satu ini berprofesi sebagai artis atau orang berpengaruh di masyarakat dengan jangkauan pengaruh dan pengikut secara nasional. 

Jumlah followers sangat banyak memungkinkan bagi influencer menyebarluaskan pesan dalam waktu singkat dengan jangkauan lebih luas. Tetapi hal ini pun berpengaruh terhadap dana dan biaya yang harus dikeluarkan pebisnis karena jumlahnya sangat besar. 

Selain itu, mega influencer belum tentu bisa dianggap ahli di sebuah bidang tertentu. Karena seperti yang sudah umum terlihat di media sosial para mega influencer itu adalah status mereka rata-rata selebritas.

Seperti selebritas kebanyakan, akun mega influencer itu akan berfokus pada kehidupan sehari-hari daripada sebuah topik tertentu alias tidak niche. Artinya, bisa jadi influencer tersebut tidak tahu apa pun tentang bisnis kamu dan followers mereka tidak tertarik dengan brand kamu.

Nah itulah Mengenal Jenis-Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers yang harus kamu ketahui untuk mengembangkan bisnis. Untuk bisnis kosmetik, kamu dapat bekerja sama dengan penyedia jasa maklon kosmetik, seperti Asia Skinlab.

Dengan banyaknya pengalaman dan tenaga tim ahli yang dimiliki Asia Skinlab, kamu dapat menciptakan parfum yang berkualitas dan mampu bersaing di pasaran. Tidak hanya di pasar lokal, brandmu juga bisa disesajarkan dengan produk luar.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786