Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

cropped-shot-pretty-young-woman1000-mincropped-shot-pretty-young-woman1000-min

Kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang rentan menimbulkan masalah. 

Kulit berminyak biasanya disebabkan oleh minyak dan kotoran yang menumpuk, jarang bahkan tidak membersihkan dan merawat wajah secara rutin. 

Kulit berminyak ditandai dengan wajah yang mengkilap, pori-pori besar, wajah mudah timbul jerawat dan komedo.

Pemilik kulit berminyak dan pori-pori besar membutuhkan skincare yang dapat membersihkan, menjaga keseimbangan kadar air dan minyak, tidak menyumbat pori-pori dan mengontrol minyak berlebih. 

Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

1. Retinol/Retinoid

Kandungan ini lebih banyak ditemukan pada produk anti aging. Hal ini dikarenakan retinol berkhasiat dalam menstimulasi pembentukan kolagen serta sel kulit baru. Sehingga kulit akan menjadi lebih kenyal dan kencang. Sebagai hasilnya, pori-pori pun menjadi lebih kecil.

Namun penggunaan retinol tidak boleh sembarangan. Jika kamu baru pertama kali memakai retinol, hindari produk dengan kandungan retinol yang tinggi. Retinol juga tidak boleh digunakan secara bersamaan dengan produk dengan kandungan vitamin C maupun AHA/BHA.

2. Glycolic Acid / AHA

Sebagai eksfoliator, AHA atau Glycolic Acid berperan untuk memusnahkan penyumbatan pada pori-pori kulit akibat sel kulit mati, debu maupun sisa riasan. Oleh karena itu bahan ini juga dikenal karena fungsinya sebagai pengencang pori-pori.

Kamu bisa mengenakan Glycolic Acid / AHA di hari di mana kamu sedang tidak mengenakan retinol. Kandungan ini juga biasanya cukup ramah pada kulit sensitif maupun kulit kering.

3. Salicylic Acid / BHA

Jika kamu membutuhkan eksfoliator yang membersihkan pori-pori lebih dalam, maka Salicylic Acid bisa menjadi pilihanmu. Salicylic Acid atau BHA juga bisa berperan dalam memecah kotoran dan minyak sehingga meminimalisir terjadinya penyumbatan pada kulit. Tak hanya menghindarkanmu dari potensi jerawat, kandungan ini juga bisa membuat pori-porimu menjadi mengecil.

4. Niancinamide

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, niancinamide memiliki khasiat untuk mengecilkan pori-pori. Rutin mengenakan produk dengan niancinamide akan membuat produksi sebum menjadi berkurang. Sebum yang telah ada pun tidak banyak yang akan teroksidasi menjadi blackhead.

5. Hyaluronic Acid

Kemampuan hyaluronic acid yang utama ialah menjaga kelembaban kulit. Sifatnya yang mengikat hidrasi di permukaan kulit tidak akan membuat kulit wajahmu menjadi kering. Bagi pemilik wajah kering yang juga mengalami masalah pori-pori besar, penggunaan hyaluronic acid patut untuk dicoba.

6. Tea Tree Oil

Walaupun pori-pori besar sering dipicu oleh produksi minyak berlebih, bukan berarti kamu perlu menghindari semua produk face oil. Jika digunakan dalam dosis yang tepat, ternyata face oil ini bisa berperan untuk menjaga kelembaban kulit sehingga pori-pori pun menjadi lebih kecil.

Salah satunya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Produk ini memiliki tekstur yang cukup cair sehingga potensi menyumbat pori-pori pun menjadi cukup rendah. Selain itu tea tree oil juga bisa membantu potensi timbulnya jerawat di wajahmu.

7. Clay atau Tanah Liat

Tentu yang dimaksud di sini adalah tanah liat khusus untuk produk perawatan wajah. Clay bisa kita temui dalam berbagai varian produk, namun yang paling umum adalah masker dan pembersih wajah. Clay memiliki fungsi untuk menyerap produksi minyak berlebih serta kotoran pada kulit. Hasilnya, pori-pori pun menjadi lebih kecil.

Bagi pemilik wajah kering, sebaiknya memilih produk dengan kaolin clay karena daya serap minyaknya yang masih bersahabat dengan kulit kering. Sedangkan pemilik wajah berminyak bisa menggunakan produk dengan bentonite clay yang bisa menyerap minyak dengan lebih baik.

8. Charcoal

Charcoal terkenal akan kemampuannya mengikat dan menarik debu, sisa riasan hingga minyak di permukaan kulit. Hal ini dikarenakan charcoal atau arang memiliki zat kimia aktif yang memiliki daya absorpsi yang tinggi. Kemampuan itulah yang membuat charcoal mampu membantu mengendalikan pori-pori besar. Selain itu, charcoal juga bisa mensterilkan luka serta membunuh kuman.

9. Sunscreen atau Tabir Surya

Pemakaian sunscreen secara teratur bisa membantu mengecilkan pori-pori. Tidak dalam kurun waktu yang singkat, namun ini adalah tindakan preventif jangka panjang. Dengan kandungan SPF-nya, sunscreen mampu melindungi kulit dalan paparan sinar UV, serta menghindarkan kulit dari kerusakan kolagen. Hasilnya, penipisan kulit bisa dihindari dan ukuran pori-pori menjadi lebih kecil.

Ada banyak sekali produk unggulan di pasaran yang mengandung bahan-bahan di atas. Tahukah kamu beberapa diantaranya diproduksi bersama Asia Skinlab.

Asia Skinlab siap memformulasikan bahan yang paling sesuai untuk menyelesaikan berbagai masalah kulit. Asia Skinlab akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. 

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786