9 Manfaat Argan Oil: Rahasia Cantik Gadis Timur Tengah

Di Indonesia, penggunaan argan oil untuk perawatan kecantikan bahkan kesehatan secara keseluruhan mungkin tidak seterkenal minyak zaitun. Tapi tahukan Anda, untuk urusan kecantikan, argan oil memiliki kandungan vitamin E yang jauh lebih banyak dibandingkan minyak zaitun, loh! Lantas, apa itu argan oil? Dan apa saja manfaat argan oil? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa itu argan oil?

Siapa yang tidak takjub dengan kecantikan para gadis Timur Tengah? Coba perhatikan, kulit mereka tampak lembap bahkan jauh dari kesan kering dan kusam. Selain itu, rambut mereka hitam berkilau dan tampak lembut meskipun mereka tinggal di daerah yang kering.

Nah, tahukah Anda, jika salah satu rahasia cantik gadis-gadis Timur Tengah adalah karena mereka rutin menggunakan argan oil. Argan oil adalah minyak yang berasal dari ekstrak biji pohon argan yang hanya tumbuh di daratan Maroko.

Argan oil sering disebut emas cair karena manfaat melembapkan kulitnya yang telah dikenal sejak zaman sebelum masehi. Minyak ini kaya dengan vitamin A dan vitamin E. Selain itu, argan oil juga mengandung antioksidan, asam lemak omega-6, dan asam linoleat.

Bila dioleskan ke kulit, trocopherol dari vitamin E, membantu meningkatkan produksi sel untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Inilah sebabnya, mengapa banyak perusahaan kosmetik menjadikan argan oil sebagai bahan baku ke dalam produk anti penuaan, perawatan rambut, dan perawatan kulit yang memiliki kualitas terbaik.

Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan

Manfaat argan oil untuk kecantikan kulit juga cukup banyak, di antaranya:

1. Melembapkan kulit

Kandungan vitamin E di dalam argan oil diketahui mampu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dan asam lemak omega-3 di dalam argan oil juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput atau kerutan pada kulit.

2. Mengobati jerawat

Argan oil mengandung sifat antiradang dan antioksidan yang baik untuk meredakan peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Meski demikian, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan manfaat argan oil sebagai obat jerawat alami.

Jika jerawat masih saja membandel meski Anda telah menggunakan argan oil, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Memudarkan stretch mark

Argan oil juga kerap digunakan sebagai salah satu bahan alami yang dapat mengurangi peradangan dan membuat kulit lebih elastis, sehingga mampu memudarkan stretch mark.

Meski demikian, tak hanya menggunakan argan oil, Anda juga perlu menjaga berat badan agar tetap ideal guna mencegah dan mengatasi stretch mark.

4. Mencegah penuaan dini

Argan oil merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai produk perawatan kulit. Jenis minyak ini dapat mendukung perbaikan dan pemeliharaan jaringan kulit serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

5. Menjaga kesehatan rambut

Tak hanya baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, argan oil juga bermanfaat untuk menyuburkan dan menjaga kelembapan rambut. Selain itu, jenis minyak ini juga diketahui dapat mengatasi ketombe di kulit kepala. Ini berkat kandungan vitamin E dan antioksidan yang terdapat pada argan oil.

Meski diyakini memiliki beragam manfaat, penggunaan argan oil juga harus dilakukan dengan hati-hati. Segera hentikan penggunaan bila terjadi reaksi alergi, seperti muncul ruam kemerahan, gatal, dan bengkak pada kulit.

Jika ingin mengetahui lebih jauh manfaat argan oil untuk kesehatan dan kecantikan atau ingin menggunakan argan oil sebagai pengobatan untuk penyakit tertentu, Anda dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

6. Pelembab bibir

Manfaat argan oil lainnya adalah untuk perawatan bibir Anda. Tidak hanya menyembuhkan bibir pecah-pecah, namun argan oil juga mampu menjaga bibir Anda agar tetap lembut, halus dan sehat.

7. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari

Para wanita Maroko banyak yang memperoleh manfaat argan oil untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Hal ini didukung oleh sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Hindawi yang mengemukakan bahwa kandungan antioksidan pada minyak argan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

Penggunaan argan oil juga dapat mencegah luka bakar dan hiperpigmentasi yang dapat memicu berkembangnya kanker kulit, termasuk melanoma. 

8. Melembapkan rambut

Tak hanya kulit, manfaat argan oil juga mampu melembapkan rambut. Manfaat argan oil untuk rambut berasal dari kandungan asam oleat dan asam linoleat di dalamnyaMenurut sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Trichology 

Fungsi argan oil untuk rambut terbukti mampu melumasi batang rambut sehingga kelembapannya ikut terjaga.Selain itu, manfaat argan oil untuk rambut berasal dari kandungan vitamin E yang bisa membantu mencegah kulit kepala kering, serta membuat rambut jadi semakin berkilau.

9. Mengurangi minyak di wajah

Manfaat argan oil juga dapat mengurangi minyak di wajah. Minyak argan mampu mengurangi produksi sebum atau minyak alami pada kulit sehingga kilau minyak di wajah dapat berkurang. 

Hal ini juga diperkuat oleh sebuah hasil studi yang membuktikan bahwa mengoleskan krim mengandung minyak argan 2 kali sehari selama 4 minggu berturut-turut dapat mengurangi produksi sebum secara signifikan. 

Kamu juga bisa membuat produk skincare atau kosmetik brand kosmetik milikmu sendiri menggunakan Argan Oil. Jangan khawatirkan soal bahan dan formulanya, Asia Skinlab menyediakan serta melayani proses formulasi dari skincare yang ingin kamu buat.

Tim RnD Asia Skinlab terdiri dari orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga mampu mewujudkan formula skincare impianmu.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786