Manfaat Kombinasi Retinol dan Niacinamide untuk Kulit Wajah

Retinol dan niacinamide adalah dua bahan aktif yang umum ditemui dalam produk skincare dan kini sedang ramai dibicarakan di berbagai kalangan masyarakat. Kombinasi kedua bahan ini diketahui dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk kesehatan kulit.

Retinol termasuk dalam kelompok obat retinoid yang berasal dari vitamin A. Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang cukup populer digunakan pada produk skincare. Ini karena retinol dapat mencegah penuaan dini, memperbaiki tekstur kulit, mengatasi flek hitam di kulit akibat hiperpigmentasi, dan mengobati jerawat.

Sementara itu, niacinamide adalah zat turunan dari vitamin B3 atau niacin yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek radikal bebas, memperbaiki sel-sel dan jaringan kulit yang rusak, mencegah dan mengatasi kulit kering, serta mencegah penuaan dini pada kulit.

Melihat banyaknya manfaat kombinasi retinol dan niacinamide, tak heran jika kedua bahan aktif ini menjadi favorit di dunia skincare. Bahkan, kamu bisa, lho, mengombinasikan pemakaian retinol dan niacinamide untuk hasil yang lebih maksimal.

Manfaat Kombinasi Retinol dan Niacinamide

Anda perlu tahu bahwa penggunaan retinol bisa menimbulkan beberapa efek samping, yakni seperti kulit yang mengelupas, kering, iritasi, dan kemerahan. Dimana efek samping ini semakin besar kemungkinannnya untuk terjadi, apabila digunakan oleh anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Juga, atau anda yang baru pertama kali menggunakan skincare dengan kandugan retinol. Namun, tenang saja karena ada kabar baik untuk anda dengan jenis kulit sensitif yang ingin mencoba retinol. Anda dapat mengurangi dan mencegah terjadinya efek samping penggunaan retinol, dengan menggunakan niacinamide. 

Hal ini dibuktikan dari adanya studi yang mengungkapkan bahwa niacinamide bisa mencegah dan mengurangi kulit kering dan iritasi yang disebabkan oleh penggunaan retinol. Adanya campuran retinol dan niacinamide dinilai akan lebih efektif guna mengurangi dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput. Bukan hanya itu, kombinasi retinol dan niacinamide juga aman untuk mengatasi masalah jerawat dan bantu meratakan warna kulit wajah. 

Nah, untuk penggunaan kombinasi retinol dan niacinamide, tentu anda tidak bisa asal saja. Dimana gunakanlah terlebih dulu niacinamide, kemudian diamkan selama beberapa menit sampai produk meresap ke dalam kulit. Sesudah niacinamide meresap dengan baik, maka anda bisa melanjutkan ke penggunaan retinol.

Gunakanlah retinol dengan merata ke seluruh permukaan wajah. Sangat penting bagi anda untuk memberi jeda antara penggunaan antara retinol dan niacinamide. Hal ini agar kedua bahan produk skincare tersebut dapat bekerja dengan optimal, dan kulit Anda merasakan manfaatnya. Supaya lebih praktis, maka anda dapat mencari produk perawatan kulit yang mana telah memiliki kandungan dari kedua jenis zat ini.

Selain itu, guna menghindari dan mencegah terjadinya iritasi, Anda disarankan untuk menjauhi sinar matahari sesudah menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol. 

KEAMANAN PRODUK SKINCARE YANG MENGANDUNG RETINOL DAN NIACINAMIDE 

Sebenarnya sampai saat ini belum ada laporan mengenai efek samping dari penggunaan retinol dan niacinamide. Dimana kedua bahan aktif ini termasuk aman untuk digunakan secara bersamaan oleh semua jenis kulit.

Meskipun begitu, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif terhadap retinol, menggunakan niacinamide saja mungkin tidak akan cukup untuk mengatasi reaksi efek samping karena menggunakan retinol. Sehingga, disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. 

Sangat penting untuk Anda ingat bahwa penggunaan retinol sangat tidak disarankan untuk ibu menyusui, ibu hamil, juga atau wanita yang tengah menjalani program hamil. Hal ini bukan tanpa alasan karena retinol dapat meningkatkan risiko terjadinya kelainan kongenital, bahkan menyebabkan ibu mengalami keguguran.

Untuk Anda yang mengalami penyakit kulit seperti rosacea dan eksim juga disarankan untuk tidak menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan retinol.

Nah, itulah beberapa manfaat dari kombinasi retinol dan niacinamide untuk kulit wajah. Mungkin kamu punya formula sendiri untuk skincare brand sendiri, kamu dapat bekerja sama dengan penyedia jasa maklon kosmetik, seperti Asia Skinlab.

Dengan banyaknya pengalaman dan tenaga tim ahli yang dimiliki Asia Skinlab, kamu dapat menciptakan produk skincare yang berkualitas dan mampu bersaing di pasaran. Tidak hanya di pasar lokal, brandmu juga bisa disesajarkan dengan produk luar.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
081268482427
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786