7 Manfaat Retinol dalam Skincare dan Cara Efektif Penggunaannya

Salah satu manfaat retinol yang paling populer adalah membuat wajah tampak awet muda. Zat yang merupakan turunan vitamin A ini memang dikenal efektif untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Tak hanya itu, retinol juga memiliki beragam manfaat lain untuk kulit wajah.

Retinol termasuk dalam kelompok retinoid. Di pasaran, retinol dapat Anda temukan dalam berbagai jenis dan merek produk perawatan kulit wajah. Jenis-jenis produk yang mengandung retinol antara lain serum, toner, atau pelembap.

Produk-produk berbahan retinol ini umumnya mengandung bahan aktif asam retinoat dalam dosis rendah.

7 Fungsi dan Manfaat Retinol

Secara garis besar, fungsi retinol adalah mengatasi tanda-tanda penuaan, termasuk penuaan dini. Namun retinol juga dapat berfungsi mengatasi jerawat dan bekasnya, serta merawat kulit wajah berminyak. Penjelasan lebih detail dari fungsi-fungsi retinol adalah sebagai berikut:

1. Mendorong produksi kolagen dan elastin secara alami

Retinol disebut sebagai bahan aktif yang paling andal dalam mendorong produksi kolagen. Keduanya merupakan zat penting yang membantu kulit tetap kencang dan elastis, serta strukturnya menjadi kuat. Anda akan terhindar dari masalah penuaan berupa kulit yang kendur, turun, dan menjadi lebih tipis, serta kerutan dan lipatan yang membuat wajah tampak lebih tua. 

2. Mendorong pergantian sel-sel kulit

Seiring pertambahan usia, proses peluruhan sel-sel kulit mati yang berjalan lebih lambat, sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Akibatnya, tekstur kulit menjadi kasar, tampak kusam, kering, dan warnanya menggelap. Retinol adalah bahan aktif yang dapat mendorong pergantian sel-sel kulit mati dan rusak dengan sel-sel kulit baru dengan lebih cepat, sehingga kulit tampak lebih segar dan cerah. 

3. Mengatasi jerawat

Untuk masalah jerawat, peran retinol adalah membantu  mengeluarkan sumbatan di pori-pori serta membantu meredakan peradangan jerawat. Namun retinol hanya dapat mengatasi jerawat tidak meradang dan jerawat meradang ringan. Untuk jerawat yang lebih parah, harus memakai bentuk retinoid yang lebih kuat seperti tretinoin dan adapalene.  

4. Memudarkan hiperpigmentasi

Karena dapat mendorong pergantian sel-sel kulit, maka retinol dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi. Selain itu, retinol juga dapat menghambat kerja enzim dalam pembentukan melanin (zat pigmen kulit) di sel-sel melanosit, sehingga warna kulit yang menggelap kembali menjadi cerah secara bertahap.

5. Mengontrol produksi minyak di kelenjar sebasea

Untuk jenis kulit berminyak, manfaat yang diberikan retinol adalah mengontrol agar kelenjar sebasea tidak hiperaktif dalam memproduksi minyak, sehingga jumlahnya tidak berlebih. Produksi minyak yang terkontrol akan mengurangi minyak berlebih di pori-pori dan permukaan kulit, sehingga potensi munculnya jerawat akan menurun. Ukuran pori-pori juga menjadi lebih kecil dan tampak samar.

6. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori adalah lubang-lubang kecil di permukaan kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak.

Lubang ini juga menjadi tempat tumbuhnya rambut di permukaan kulit. 

Pori-pori terlihat lebih besar ketika tersumbat oleh sel kulit mati atau minyak.

7. Mengatasi lesi sarkoma kaposi

Sarkoma kaposi adalah kanker langka yang rentan terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah.

Gejalanya berupa munculnya bercak berwarna biru, hitam, pink, merah, atau ungu. 

Risiko Efek Samping Retinol

Meski menawarkan berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, retinol juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Efek samping yang paling umum dirasakan pengguna retinol adalah kulit kering dan iritasi. Retinol juga berpotensi menyebabkan kemerahan dan gatal pada kulit, dan dapat menyebabkan purging, yaitu iritasi berupa jerawat-jerawat kecil pada kulit.

Risiko efek samping tersebut akan semakin besar bagi orang yang pertama kali menggunakan retinol. Namun, hal ini hanya bersifat sementara dan bisa membaik sendirinya dalam beberapa minggu, ketika kulit sudah beradaptasi terhadap penggunaan retinol.

Memiliki produk skincare yang inovatif dan berkualitas tinggi menjadi faktor kunci dalam menjaga posisi kompetitif di pasar yang semakin ketat. Jangan lewatkan kesempatan untuk menciptakan skincare retinol terbaik dan unik dengan menggunakan layanan maklon dari Asia Skinlab.

Dengan banyaknya pengalaman dan tenaga tim ahli yang dimiliki Asia Skinlab, kamu dapat menciptakan skincare retinol yang berkualitas dan mampu bersaing di pasaran. Tidak hanya di pasar lokal, brandmu juga bisa disesajarkan dengan produk luar.

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
081268482427
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786