9 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan TikTok

Sepertinya, orang sudah tidak kaget kalau bisnis dipromosikan dengan Facebook dan Instagram, ya. Hasilnya pun sudah terbukti.

Tapi, bagaimana kalau menggunakan TikTok, ya?

Strategi marketing TikTok memang masih baru. Tapi, siapa sangka potensinya cukup besar. Bayangkan, penggunanya di seluruh dunia mencapai 500 juta orang. Bahkan, Indonesia juga menjadi negara pengunduh TikTok terbanyak lho..

Artinya, kalau ingin produk lebih dikenal luas, terutama di Indonesia, menjajal promosi lewat TikTok bisa jadi pilihan menarik. 

Eits.. tapi jualan di TikTok itu beda loh dengan di Instagram atau Facebook. Jadi, penting buat tahu strateginya dulu. 

Bagaimana caranya? Tenang, di artikel kali ini, Anda akan mempelajari strategi marketing TikTok supaya bisnis Anda makin cuan. Yuk simak penjelasannya! 

1. Kenali Cara Kerja TikTok

TikTok adalah platform media sosial yang fokus pada sharing konten video. Setiap video berdurasi 15 detik dan dapat digabung menjadi 60 detik.

Platform ini bisa jadi sarana buat promosi produk bisnis. 

Caranya, buatlah sebuah video produk, lalu tambahkan efek video dan latar musik yang dapat menarik audience.

Nantinya, pengguna TikTok bisa memberi komentar, like, bahkan share video produk tersebut. Semakin banyak interaksi dari pengguna, semakin tinggi peluang Anda dipromosikan oleh TikTok ke pengguna lainnya. 

Selain itu, dengan engagement rate yang lebih tinggi dari Instagram, TikTok tentu cocok untuk membangun brand awareness produk dengan lebih optimal.

2. Ikuti tren di TikTok dan buat konten seru

Selalu pantau tren apa yang sedang ramai dicoba oleh pengguna. Namun, seperti tren internet lainnya, tren hashtag TikTok juga berubah dengan cepat.

Maka dari itu, Anda harus tetap update dengan semua perubahannya. Jadikan setiap konten yang ada sebagai inspirasi untuk membuat sesuatu yang kreatif dan relevan dengan tren. Adaptasikan ciri khas bisnis online Anda dalam setiap kontennya, jangan hanya meniru.

Buatlah versi atau bahkan trend baru yang khas dan unik dari brand bisnis online Anda. Konten yang menarik otomatis akan menarik banyak calon pelanggan baru yang datang dan meng-klik tombol follow akun bisnis online Anda.

3. Pakai Hastag untuk Membuat Video 

Konten video TikTok bergantung pada hashtag untuk katalog dan pencarian sesuai judul. Melalui menu Discover, video akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu Anda meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis.

Dengan persebaran yang luas, semakin tinggi juga kemungkinan penambahan angka followers. Melalui hashtag, Anda juga bisa melihat dan menentukan kompetitor Anda. Namun, Anda perlu hindari hashtag yang terlalu umum dan populer. Penggunaan hashtag populer akan membuat konten Anda terkubur.

Lebih baik gunakan hashtag spesifik dan tidak terlalu populer agar konten bisnis Anda mendapat spotlight. Pilihlah hashtag yang relevan saja, jangan gunakan hashtag terlalu banyak seperti di Instagram. Lalu, tambahkan hashtag #fyp agar muncul di halaman depan pengguna.

4. Kerjasama dengan Influencer 

Bangun hubungan baik dengan influencer yang punya audience sesuai target market Anda menjadi cara lain untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Namun jangan lupa untuk terus bangun reputasi dengan konten berkualitas. Ajak influencer untuk share dan buat review produk atau jasa usaha Anda.

Sebelum memilih influencer, Anda perlu menganalisis audience dari influencers tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah audience influencer ini cocok dengan target pemasaran produk Anda.

Akan lebih baik lagi jika memang influencers pilihan Anda adalah orang yang sudah lama menggunakan produk Anda. Setelah itu, beri pointers konten yang jelas kepada mereka, berikan juga kebebasan influencer dalam cara mengemas kreasi konten supaya sesuai selera followers mereka. Pengguna lebih tertarik dengan originalitas, meskipun kualitas kurang baik, reviewnya lebih terpercaya.

5. Konsisten Posting Konten

Selain sering berinteraksi dengan followers, Anda juga bisa meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok Anda dengan sering membuat posting. TikTok memberi penghargaan bagi akun yang sering buat konten di akunnya. Semakin banyak posting dengan beragam topik dan hashtag, semakin luas juga persebaran konten Anda.

Siapkan setidaknya dua konten setiap harinya. Agar pembuatan konten lebih mudah dan terkontrol, sebelum posting Anda bisa buat editorial content plan serinci mungkin dan sesuai dengan intensitas posting yang Anda inginkan.

6. Tanggapi Komentar dari Pengguna

Kehadiran dan aktivitas akun TikTok Anda akan membantu akun tetap hidup dan mudah dicari oleh target pemasaran Anda. Media TikTok mendukung yang namanya frequent user engagement.

Semakin banyak interaksi yang dilakukan, semakin baik bagi akun dan citra brand bisnis online Anda. Salah satu caranya adalah dengan posting komentar.

Bangun percakapan di kolom komentar dengan calon konsumen Anda. TikTok mengurutkan komentar berdasarkan jumlah likes. Maka dari itu, pikirkan dengan matang komentar Anda supaya percakapan tetap menarik dan bermakna.

Anda juga bisa post komentar di video konsumen yang membahas produk Anda. Buatlah komentar dengan tulus, menarik, dan sesuai dengan persona brand bisnis online Anda.

7. Buat Hashtag Challenge 

Hashtag merupakan fitur primadona dari TikTok. Penggunaan hashtag sangat populer digunakan untuk menebar konten sesuai dengan topik, tema, dan ketertarikan pengguna.

Membuat hashtag challenge merupakan cara efektif untuk menambah engagement dan brand awareness bisnis online Anda. Buatlah hashtag yang catchy, mudah diingat, dan relevan dengan brand Anda.

Tuangkan kreativitas Anda dan buatlah challenge seru serta mudah diikuti oleh pengguna TikTok. Pengguna TikTok sangat antusias dalam mengikuti challenge seru dan mengupload hasil kreasinya. Selain review produk, Anda juga bisa ajak influencers untuk mengikuti challenge buatan Anda supaya followers-nya juga tertarik untuk ikut challenge tersebut.

8. Pakai TikTok Ads 

Salah satu strategi marketing TikTok yang tak boleh terlewat adalah pakai TikTok Ads. 

Tidak mau ketinggalan dengan platform media sosial lainnya, TikTok juga menyediakan layanan iklan berbayar lho. Anda mau menjangkau target audiens lebih cepat? Bisa! 

TikTok menawarkan empat jenis produk iklan: 

  • InFeed Ads: iklan muncul saat pengguna scroll feed
  • Promotes Hashtag Challenge: iklan yang mengajak pengguna menggunakan hashtag challenge
  • Branded Effect/Filter: filter atau efek khusus yang berisi informasi produk
  • Brand Takeover: iklan eksklusif berupa image, gif, atau video yang hanya muncul sehari sekali saat pertama membuka aplikasi.  

Dari keempatnya, InFeed Ads adalah yang paling populer. Untuk bisnis kecil, jenis ini juga yang paling menguntungkan kok.

Alasannya, selain budget untuk memasang iklan relatif kecil, iklan itu nantinya akan muncul di feed audiens. Bahkan, untuk membuat iklan semakin optimal, ada pilihan penargetan minat dan penargetan perilaku

Sebenarnya, penargetan minat ini mirip seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. Jadi, iklan cuma ditampilkan ke audiens dengan minat sesuai bisnis Anda. 

Sedangkan penargetan perilaku akan mempelajari perilaku pengguna TikTok selama 7-15 hari terakhir, dan menampilkan iklan yang sesuai dengan kesukaan mereka. 

9. Lihat Data Analytics TikTok Ads

Coba sebutkan, digital marketing apa sih yang bisa sukses hanya pakai “feeling”? Hmm.. menjalani sebuah hubungan saja perlu tahu track record orangnya, apalagi dalam menjalankan promosi ya?  

Nah, jika menggunakan TikTok Ads, Anda akan mendapatkan data tersebut. Selanjutnya, Anda bisa melakukan analisa apakah promosi berjalan dengan baik.

Caranya, tinggal klik menu Analytics pada Akun TikTok Anda. 

Lalu klik “view analytics” untuk melihat hasil analytic setiap postingan Anda. 

TikTok juga memiliki fitur Followers Analytics, yang bisa memberikan Anda insight tentang perilaku followers Anda. Mulai dari konten seperti apa yang sering ditonton, kapan waktu mereka online, dan lainnya. 

Jadi, Anda bisa membuat konten-konten yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan Anda. 

Memiliki strategi yang tepat merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalani bisnis. Begitu pula dengan meningkatkan penjualan bisnis online melalui TikTok. Segalanya perlu Anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan target pasar agar hasilnya lebih maksimal.

Ngomong-ngomong soal tips meningkatkan penjualan bisnis online dengan TikTok, Anda bisa bisnis produk kosmetik dengan membuat produk skincare. Asia Skinlab akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. 

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786