Apa Sih Manfaat Vegan Skincare?

Vegan skincare adalah produk atau perawatan kulit yang proses pembuatannya menghindari bahan-bahan dari hewan. Jadi konsepnya sama persis dengan makanan vegan.

Tren ini menunjukkan bahwa kini tidak hanya peduli dengan apa yang dimakan dan masuk ke dalam tubuh kita. Melainkan juga sangat memperhitungkan apa yang kita aplikasikan di luar.

Sebenarnya bahan-bahan hewani tidak secara langsung diambil dari bagian tubuh hewan itu. Melainkan dari bahan turunan dari binatang tersebut, misalnya susu, madu, bees wax, dan banyak lainnya. Nah, bahan-bahan tersebutlah yang dihindari dalam vegan skincare.

Menariknya banyak media dan ahli yang mengklaim bahwa produk vegan ini lebih aman digunakan dibandingkan dengan animal product. Sebab bahan-bahan hewani ternyata bisa membuat kondisi wajah semakin kering dan dapat menyumbat pori-pori kulit.

Keunggulan dan Manfaat Vegan Skincare

Sebelum mencoba tren kosmetik atau skincare tertentu, hal pertama yang selalu jadi pertimbangan kita adalah memperhitungkan keunggulan dan manfaatnya untuk kulit. Begitu juga saat kamu ingin menggunakan vegan skincare.

Telah disinggung sebelumnya, bahwa vegan skincare cenderung lebih aman digunakan untuk kulit yang sensitif daripada kosmetik yang berbahan dasar hewani. Kita simak keunggulannya seperti berikut :

Tidak Menggunakan Bahan Berbahaya

Salah satu hal yang menarik dari tren skincare vegan adalah komitmen untuk tidak mengeksploitasi hewan, seperti tidak melibatkan unsur hewani apapun dalam proses pembuatan produknya.

Selain itu bahan-bahan yang digunakan dalam vegan skincare juga relatif aman karena menggunakan bahan-bahan alami dan tidak memakai bahan berbahaya, seperti paraben ataupun sodium luryl sulafate.

Ramah untuk Kulit Sensitif

Yang sangat penting, produk vegan skincare ini sangat ramah untuk kulit wajah yang cenderung sensitif. Jadi kalau kamu memiliki kulit yang rawan alergi atau teriritasi, bisa banget coba tren skincare satu ini.

Meski lebih aman bagi pemilik sensitif menggunakan produk vegan skincare, bukan berarti semua produk yang menggunakan bahan dari binatang itu berbahaya, ya.

Karena animal product juga enggak kalah baiknya, hanya saja beberapa ahli lebih menyarankan untuk menggunakan produk dengan kandungan non-hewani khusus bagi pemilik kulit sensitif.

Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Manfaat lain dari formula perawatan kulit vegan adalah bahan-bahan yang diambil dari tanaman cenderung mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, C, dan E.

Berbagai jenis vitamin ini di dapatkan dari ekstrak daun, biji, kelopak bunga, hingga akar dari tumbuhan tertentu. Beberapa kandungan yang sangat populer akhir-akhir ini adalah rosehip, alga, radish, hingga bunga sakura.

Tak hanya itu, dalam berbagai tanaman ini juga seringnya kaya akan mineral. Yang mampu menjaga kelambapan pada jaringan kulit dan membuatnya lebih lembut serta kenyal.

Kaya Antioksidan

Selain vitamin dan mineral, produk nabati biasanya juga dipenuhi dengan antioksidan, minyak, trepenoid, dan senyawa bioaktif lainnya yang sangat bagus untuk merawat kulit wajah.

Dengan senyawa antioksidan yang tinggi dalam bahan nabati, penggunaan skincare vegan mampu melindungi kulitmu dari dampak buruk radikal bebas dan paparan sinar matahari secara berelebihan.

Bahkan, berbagai kandungan yang telah disebutkan sebelumnya dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang bermasalah dengan merangsang proses regenerasi sel baru.

Hasilnya, kulit wajahmu bakal terlihat lebih sehat, segar, cerah, dan bahkan tampak awet muda.

Kandungan Asam Lemak pada Tumbuhan

Mengapa produk vegan skincare sangat diunggulkan dan bahkan digemari saat ini? Salah satunya adalah kandungan asam lemak pada bahan nabati yang diklaim lebih baik dari asam lemak hewani.

Ini karena kandungan esensial asam lemak tumbuhan yang ada dalam produk skincare vegan dapat bekerja lebih baik pada kulit.

Bahkan ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa lemak esensial pada tumbuhan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit kita.

Misalnya linoleic acid pada tumbuhan yang dapat membantu mengatasi pembengkakan jerawat, merawat kulit kering, mengendalikan produksi sebum, hingga meningkatkankan elastisitas kulit wajah kita.

Membuat Produk Vegan Skincare dengan Brand Sendiri

Produk skincare berlabel vegan telah banyak di produksi di Indonesia. Enggak cuma dari brand luar, namun juga dari brand-brand kosmetik lokal telah memproduksi skincare vegan.

Peminat skincare vegan sendiri hingga kini selalu tinggi. Sebab masyarakat sekarang lebih peka dan mawas diri ketika akan mencoba produk-produk kecantikan tertentu.

Konsumen akan lebih tenang menggunakan produk yang aman dan tidak menimbulkan dampak buruk pada kulit mereka. Karena itulah skincare vegan, yang terbuat dari bahan alami dan cenderung lebih aman dipakai jadi pilihan mereka.

Tidak hanya itu, dilansir dari kompas.com industri kosmetik vegan diprediksi bakal tumbuh mencapai 20,8 miliar dollar AS atau setara dengan 156 triliun rupiah pada tahun 2025, lho.

Melihat tingginya permintaan masyarakat ini, apakah kamu tidak tertarik untuk berbisnis kosmetik dengan membuat produk vegan skincare dengan brand sendiri?

Asia Skinlab akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. 

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786