Manfaat Kandungan Ceramide untuk Kesehatan Kulit

Ceramide adalah kandungan pada produk skincare yang mungkin seringkali sudah Anda lihat atau dengar. Ceramide memang dikenal berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Apa itu ceramide dan fungsinya untuk kulit? Yuk, kenali apa itu ceramide lebih jauh dan cara memilih produk skincare yang mengandung ceramide.

Apa itu ceramide?

Ceramide adalah golongan asam lemak yang sering dicampurkan dalam produk perawatan kulit atau skincare. Sebenarnya, ceramide adalah dapat ditemukan dalam sel kulit bahkan ceramide ini membentuk lapisan kulit paling luar hingga 50%.

Hal ini yang membuat ceramide memiliki peran penting untuk melindungi kulit. Jadi tidak heran kalau banyak produk skincare seperti pelembap, serum, masker, dan produk lainnya mengandung ceramide juga.

Seiring bertambahnya usia, paparan sinar matahari, dan penggunaan produk skincare yang terlalu keras bisa membuat kualitas dan kuantitas ceramide pada kulit berkurang.

Jika ceramide berkurang, skin barrier bisa rusak, menyebabkan kulit kering, kasar, iritasi, dan dehidrasi. Nah, penggunaan skincare dengan kandungan ceramide bisa membantu mencukupi kadar ceramide pada kulit jadi kulit tetap lembap, terhidrasi, kenyal, dan kencang.

Apa fungsi ceramide dalam produk skincare?

Secara alami, kulit manusia memang sudah terbentuk oleh ceramide. Bersama dengan kolesterol dan asam lemak, fungsi ceramide adalah mengunci kelembapan dan melindungi lapisan kulit dari paparan faktor lingkungan.Dengan ini, kondisi kulit kering dan iritasi dapat terhindarkan. 

Kandungan ceramide yang cukup mampu menjaga kelembapan kulit

Meski kulit manusia secara alami sudah terbentuk oleh ceramide, golongan asam lemak ini cenderung dapat berkurang seiring berjalannya waktu. Penggunaan produk perawatan kulit berbahan keras serta paparan polusi udara, sinar ultraviolet (UV), asap rokok, dan suhu ekstrem, membuat ceramide pada kulit bisa mengalami penipisan. 

Ketika kadar ceramide dalam kulit berkurang, maka bisa menyebabkan kulit kering dan kusam.Kulit yang terlalu kering dan kusam membuat garis-garis halus dan kerutan menjadi tampak lebih jelas.Oleh sebab itu, penggunaan ceramide dari produk perawatan kulit diyakini dapat meminimalisir efek buruk berkurangnya ceramide dalam kulit. 

Dengan demikian, kadar ceramide pada kulit akan cukup sehingga membuatnya tetap lembap dan terhidrasi.

Apa manfaat ceramide untuk kulit?

Mengingat perannya yang baik untuk melindungi kulit, tak ayal jika kini banyak produk skincare yang mencampurkan kandungan ceramide di dalamnya. Adapun beberapa manfaat ceramide adalah sebagai berikut. 

Bantu menjaga kelembapan kulit

Salah satu fungsi ceramide dalam produk skincare untuk menjaga kelembapan kulit sehingga mencegah terjadinya kebocoran. Untuk perawatan kulit, fungsi ceramide untuk mengunci kelembapan kulit sehingga mencegah kulit kering dan iritasi.

Ceramide ini diyakini mampu melindungi lapisan epidermis kulit dari kerusakan yang berasal dari luar tubuh. Kalau kadar ceramide dalam kulit terpenuhi maka bisa membantu melembapkan kulit dan lapisan pelindung kulit lebih kuat.

Bantu cegah jerawat

Jerawat muncul bisa disebabkan oleh bakteri serta penumpukan kotoran dan produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Saat lapisan kulit dalam kondisi sehat, bakteri tetap bisa masuk ke dalam lapisan kulit ini. Nah, penggunaan produk skincare yang mengandung ceramide dapat melindungi lapisan kulit agar bakteri dan zat asing lainnya tidak masuk.

Bantu cegah penuaan

Ceramide memiliki manfaat penting lainnya untuk memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis halus dan kerutan yang muncul jika kulit kering.

Dalam penelitian terbukti bahwa perempuan berusia 20tahun mengoleskan produk skincare dengan kandungan ceramide bisa memperkuat fungsi skin barrier sehingga kulit lebih lembut dan awet muda.

Bantu mengatasi eksim

Penelitian pada 2019 menunjukkan ceramide dapat meringankan kondisi kulit eksim. Eksim yaitu gangguan kulit yang ditandai munculnya roma kemerahan, kulit kering pecah-pecah, dan rasa gatal. Kondisi ini dikenal juga dengan nama dermatitis atopik.

Pada orang yang mengalami eksim, lipid pada kulit mengalami kekurangan sehingga menyebabkan tampilan kulit menjadi kering berkerak. Nah, untuk menggantikan lipid tersebut, Anda bisa mengoleskan produk seperti losion yang mengandung ceramide.

Baik untuk kulit sensitif

Manfaat ceramide untuk kulit sensitif juga dipercaya ada nyatanya. Kulit sensitif adalah jenis kulit yang kering, tidak terhidrasi dengan baik, serta dapat bereaksi terhadap produk perawatan kulit. 

Salah satu penyebab kulit sensitif adalah kurangnya kelembapan yang seharusnya berfungsi melindungi kulit. Nah, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide dapat menjaga kelembapan dan mengurangi sensitivitas kulit. 

Kamu pun juga bisa membuat produk skincare dengan kandungan ceramide  dengan nama brand-mu sendiri. Asia Skinlab akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. 

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786