Tips Jualan Online di Instagram yang Efektif

Instagram menjadi salah satu aplikasi favorit yang digunakan sebagai media untuk Jualan Online. Tak terkecuali, di tengah pandemi seperti ini yang menuntut orang untuk melakukan transaksi secara online untuk mengangkat performa dari bisnis online serta tingkat penjualan produk atau layanan yang anda tawarkan. . Berikut tips Jualan Online di Instagram :

1.   Jangan Gunakan Akun Instagram Pribadi

Tips jualan online di Instagram yang pertama adalah untuk memisahkan akun bisnis dari akun pribadi dikarenakan pemisahan tersebut akan membuat akun bisnis terasa lebih profesional, serta anda juga akan lebih memantau serta memonitor perkembangannya secara objektif.

Dengan memisahkan akun tersebut, anda juga dapat menjaga citra dari bisnis untuk tidak bercampur dengan pribadi anda.

Terkait penamaannya, anda bisa menggunakan nama bisnis anda ataupun menggunakan kata kunci yang sering dicari dari bisnis anda seperti misalnya @raa.ma9_skincare dan sejenisnya.

Perlu diingat, menggunakan kata kunci sebagai nama akun memang cukup efektif, tetapi nantinya anda bisa kesulitan membangun brand dikarenakan  tidak “membiasakan” calon pelanggan dan pelanggan terhadap nama dari merk anda.

Karena itu kami tetap menyarankan untuk menggunakan nama brand yang simpel, singkat, jelas, dan unik apabila anda ingin kedepannya bisnis anda benar-benar dibangun secara profesional.

2.   Tuliskan Profil Bisnis yang Jelas pada Bio

Suatu bio yang baik di Instagram, terutama untuk Jualan Online, adalah memberikan informasi yang ringkas, padat, dan benar-benar menjelaskan tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis yang anda jalankan.

Pada bagian bio tersebut mereka dengan jelas menempatkan nama usaha mereka di awal, kemudian penjelasan mengenai bisnis mereka itu apa secara garis besar, dan diikuti dengan fitur-fitur atau keunggulan yang mereka tawarkan, link ke media sosial lainnya, dan terakhir alamat website.

3.   Posting secara rutin

Saat ingin membangun suatu bisnis atau Jualan Online menggunakan platform Instagram, anda juga harus membiasakan diri untuk secara rutin memposting sesuatu yang baru setiap harinya, dan bahkan beberapa kali dalam sehari.

Mengapa demikian? Karena pengguna Instagram sangatlah banyak, dan kebanyakan setiap akun akan mengikuti banyak akun, maka kemungkinan postingan anda untuk tenggelam diantara lautan postingan lainnya sangatlah besar.

Dengan membuat jadwal posting, ditambah dengan desain yang khas untuk bisnis Anda, akan semakin memperbesar peluang bisnis anda untuk dapat dilirik oleh mereka, terutama yang telah menjadi follower anda.

4.   Desain Postingan yang Menarik

Terkait dengan postingan, tips jualan online di Instagram yang sangat efektif adalah memastikan foto atau video yang dipasang terlihat menarik dan juga terkonsep serta memiliki ciri khas sehingga pembaca akan segera mengatahui yang mana postingan dari akun bisnis anda.

5.   Isi Caption yang Menarik

Tidak hanya soal foto dan video yang diposting, isi dari caption juga sangatlah penting untuk anda perhatikan untuk Jualan Online, karena caption ini merupakan bagian lain yang dapat menentukan apakah pembaca tertarik atau tidak dengan produk atau layanan yang anda tawarkan.

Jangan malas menulis caption, tetapi pastikan pembaca akan dapat membacanya dengan mudah serta bahasanya tidak membingungkan. Anda bisa mengisinya dengan spesifikasi produk, harga, atau penjelasan lainnya yang tujuannya adalah memberikan informasi.

6.   Menggunakan Hashtag yang Relevan

Setelah foto, video, dan juga caption, hal lainnya yang utama dalam tips jualan online di Instagram adalah menentukan hashtag apa yang akan anda gunakan di setiap postingan tersebut.

Hashtag merupakan salah satu yang bisa dibilang krusial dalam mempromosikan suatu usaha atau postingan di dalam platform Instagram, dan tentunya strategi penggunaannya akan sangat perlu anda perhatikan.

Anda bisa menggunakan hashtag sebanyak-banyaknya, tetapi perlu diingat bahwa menggunakannya terlalu banyak dan tidak relevan dengan postingan anda malah tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.

Malahan alan lebih baik apabila anda menggunakan hashtag yang se-spesifik mungkin sehingga saat ada yang mencari hashtag tersebut anda akan dengan mudah muncul dikarenakan persaingannya sedikit.

7.   Pasang Iklan Tertarget

Saat akan mengiklankan atau mempromosikan suatu postingan, pastikan anda sudah benar-benar mengetahui siapa saja target pelanggan atau pembeli dari produk atau layanan anda.

8.   Pilih Brand Ambasaador, Endorser yang Tepat atau Paid Promot

Bagi yang punya duit banyak bisa mencoba memasang iklan di akun-akun banyak followers, misal akun artis atau model. Kamu bisa menghubungi mereka, biasanya di bio ada ditaruh nomor kontak. Kalau tak ada silahkan di DM saja.

Tidak hanya beriklan secara langsung di Instagram, anda juga dapat membayar endorser yang biasanya berasal dari kalangan selebgram atau influencer, untuk mempromosikan produk dan layanan anda.

Pastikan anda tidak asal-asalan memilih endorser / BA , karena mereka nantinya akan mempromosikan produk anda kepada followers mereka, yang sebaiknya harus sesuai dengan audiens dari produk dan layanan anda.

Karena apabila tidak begitu, yang ada hanayalah pemborosan belaka dikarenakan kesalahan pemilihan endorser dan juga audiens yang mengikuti mereka.

9.   Kolaborasi dengan Brand Lain

Salah satu strategi menarik yang bisa di lakukan untuk meningkatkan penjualan atau follower Anda ialah dengan menjalin kerja sama atau kolaborasi dengan brand lain untuk membuat konten promo atau giveaway. Kolaborasi ini dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan dalam jangka waktu panjang.

10.   Testimoni Pelanggan

Ada pelanggan atau pembeli yang meninggalkan testimoni yang baik? Jangan lupa untuk di screenshot dan posting di akun Instagram untuk bisnis anda karena itu akan lebih meyakinkan bagi para calon pelanggan yang belum pernah menggunakan produk atau layanan anda sebelumnya.

Tidak hanya testimoni yang diberikan via DM saja, tetapi juga testimonial yang diberikan via Whatsapp dan juga website apabila ada, yang nantinya semakin banyak akan semakin bagus karena calon pelanggan akan semakin pervaya.

11. Tag Follower Anda

Saat bisnis online anda sudah memiliki sejumlah pembeli tetap ataupun follower yang potensial, jangan lupa tag mereka supaya nantinya mereka akan mendapatkan pemberitahuan saat anda menawarkan produk atau promo terbaru.

Catatan, jangan teralu banyak tag akun orang lain dalam satu postingan, dan batasi penggunaannya hingga maksimal adalah 5 tag per postingan Instagramm supaya tidak menggangu.

12.   Jangan Terlalu “Jualan”

Meskipun akun bisnis Instagram tersebut digunakan untuk berjualan, sebaiknya anda tidak terlalu kelihatan berjualan, yaitu gunakan bahasa-bahasa yang tidak terkesan menawarkan produk meskipun sebenarnya anda sedang menawarkannya.

Istilah untuk iotu adalah “soft-selling”, yaitu menjual tetapi tidak terang-terangan dan to-the-point mengajak pembaca untuk membeli, tetapi alihkan terlebih dahulu dengan sedikit cerita mengenai masalah yang umum dialami tanpa adanya produk atau layanan anda tersebut.

13.   Usahakan Konten Selalu Relevan

Tips jualan online di Instagram selanjutnya adalah memastikan konten yang anda posting diintegrasikan dengan hal yang sedang relevan pada saat itu, atau istilah lainnya adalah topik yang sedang viral guna memancing lebih banyak pelanggan.

Hal ini dapat membuat anda “nebeng” hashtag yang sedang trending di saat tertentu, dan memperbesar kemungkinan bisnis anda dilirik oleh banyak orang yang juga sedang mengikuti hashtag tersebut.

14.   Berikan Promo yang Menarik

Metode promosi yang juga umum dilakukan oleh para pebisnis online di Instagram adalah memberikan promo-promo yang menarik dan masih terkait dengan penggunaan aplikasi, misalnya memberika potongan harga saat followers mencapai 10rb, atau postingan dengan like terbanyak akan mendapat diskon, dan lain sebagainya.

Tidak hanya potongan harga, anda juga bisa mengadakan kontes berhadiah menarik seperti kontes foto atau video yang akan diposting di Instagram, atau mengadakan kuis tebak-tebakan berhadiah, atau kegiatan lainnya sesuai dengan kreatifitas dan anggaran anda.

15.   Berinteraksi dengan Audiens

Jangan lewatkan juga kesempatan anda untuk berinteraksi dengan audiens, baik yang menjadi folllower ataupun tidak, dalam bentuk merespons pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan ramah dan cepat, entah mereka pada akhirnya akan membeli atau tidak.

Tingkat kesabaran yang tinggi sangat diperlukan, karena akan banyak pelanggan yang “numpang lewat” alias hanya sekedar tanya-tanya tapi tidak jadi membeli, atau terlalu banyak bertanya dan juga tetap tidak mengerti walaupun telah dijelaskam berkali-kali.

Jangan mudah terpancing emosi dan mudah mem-blacklist calon pelanggan, apalagi hanya karena mereka bertanya tapi tidak membeli dan bukan karena mereka menipu.

Ngomong-ngomong soal tips Jualan Online di Instagram, Anda bisa bisnis produk kosmetik dengan membuat produk skincare. Asia Skinlab akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. 

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786