Tips Jitu Jualan di Shopee Supaya Cepat Laku!

Hidup di era digital seperti sekarang, pastilah tidak asing lagi dengan marketplace yang berlogo tas belanja dengan inisial “S”, kan? Yup, benar sekali, itu logo milik salah satu marketplace, yaitu Shopee.  Shopee adalah salah satu marketplace yang cukup banyak dikunjungi, bahkan menduduki peringkat pertama sebagai marketplace terlaris di Indonesia. 

Bagi Kamu yang sudah punya produk jualan, Kamu harus banget mencoba membuat akun jualan di Shopee. Marketplace ini menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan bagi penjual/pembeli. Seperti adanya fitur “Live Chat” yang memungkinkan Kamu untuk berinteraksi langsung dengan calon pembeli.  Kamu pun akan mendapatkan pelayanan serta dukungan dari sistem yang akan menjelaskan segala pertanyaan terkait fitur, cara promo dan sebagainya. 

Nah, Apakah kamu sudah tertarik untuk berjualan di Shopee? Yuk, ikuti tips berikut ini agar daganganmu makin laris manis!

1. Pasang Foto Produk Yang Bagus

Sebelum memajang dagangan di Shopee, pastikan kualitas foto dari produk yang akan dijual cukup bagus. Foto merupakan hal pertama yang akan dilihat calon pembeli, jadi jangan asal memasang foto. Foto produk yang terlihat bagus akan menarik pembeli. Pertimbangkan tentang pencahayaan, dan resolusi foto. Jika perlu, gunakan jasa fotografer profesional untuk memotret barang daganganmu. 

2. Berikan Deskripsi Produk Dengan Jelas

Tips selanjutnya, Kamu harus menjelaskan detail barang dagangan di kolom deskripsi sejelas-jelasnya. Deskripsi produk ini memungkinkan pembeli untuk mengetahui kualitas produk tanpa bertanya ini-itu. Buatlah deskripsi produk dengan poin-poin agar enak dibaca dan mudah dipahami calom pembeli. 

3. Pasang Harga Barang Yang Kompetitif

Pastikan harga barang dagangan yang akan dijual sudah kompetitif sehingga bisa bersaing dengan penjual lainnya. Lakukan riset pasar sebelum menentukan harga jugal, jangan sampai terlalu mahal atau terlalu murah. 

4. Perbanyak Variasi Produk

Variasi produk dalam hal ini seperti warna dan ukuran. Sehingga semakin membuka peluang calon pembeli yang akan membeli di toko Kamu nanti. 

5. Gunakan Fitur “Promo Toko”

Fitur “Promo Toko” ibarat magnet yang dapat menarik pembeli.  Tidak dipungkiri, pembeli akan lebih memilih produk  dengan tag diskon atau harga yang dicoret. Sebagai penjual, Kamu bisa mengatur periode promo, nilai diskon yang diinginkan. 

6. Buatlah “Voucher Toko Saya”

Selain menggunakan fitur promo toko, Kamu juga dapat memberikan promo dalam bentuk voucher menarik. Voucher toko sangat memungkinkan untuk membuat pembeli berbelanja lebih banyak lagi.  Kamu cukup memakai fitur “Voucherku” yang ada di bagian “Promosiku”. Buatlah “Voucher Baru” serta melengkapai beberapa informasi yang dibutuhkan.  Kamu pun dapat mengatur masa berlaku voucher tersebut maksimal tiga bulan. Mudah, Bukan?

7. Aktifkan Fitur “Paket Diskon”

Agar jualan cepat laku, selain memberi promo harga miring dan voucher, Kamu harus membuat inovasi diskon lainnya. Caranya, aktifkan fitur promo “paket diskon” untuk produk tersebut. Fitur ini memberi kesempatan pembeli untuk mendapat diskon dengan pembelian paket, misalnya “beli 2 diskon Rp.10.000”. Bentuk promosi seperti ini dapat meningkatkan jumlah penjualan.

8. Kejar label Star Seller Shopee

Status Star Seller tentunya bisa membawa banyak keuntungan terhadap cara toko online kamu berjualan di Shopee.

Sebab, ketika memiliki label tersebut, pembeli akan lebih percaya dengan kualitas dan kredibilitas dari produk yang dijual di toko kamu. 

Namun, cara untuk bisa mendapatkan label Star Seller kamu harus melengkapi syarat berikut.

  • Data diri lengkap dan telah melakukan verifikasi KTP.
  • Persentase chat dibalas 100%. Artinya, kamu harus rajin buka fitur Live Chat Shopee. 
  • Memiliki rating sekurangnya 4,5 bintang. 
  • Penjualan mencapai 100 pesanan dalam sebulan. 
  • Melayani 25 pembeli yang berbeda dalam sebulan. 
  • Tidak memiliki poin pinalti dan kejanggalan pada aktivitas akun Shopee. 

9. Perbanyak followers

Shopee juga menerapkan fitur follower. Jika kita memiliki banyak follower maka setiap kita mempublikasikan sebuah produk maka follower akan mendapatkan notifikasi.

10. Ikuti program khusus

Salah satu program khusus yang kerap diadakan Shopee adalah flash sale.

Cara untuk bisa mengikuti program ini adalah dengan menjual produk-produk yang termasuk hot list, harga produk lebih murah daripada kompetitor, foto yang digunakan berkualitas, dan performa toko di atas rata-rata.

Jika telah memenuhi syarat tersebut, maka kesempatan kita untuk mengikuti flash sale akan semakin besar. Ini menjadi cara rahasia berjualan untuk melariskan dagangan kita di Shopee juga.

11. Gunakan program live shopee

Shopee LIVE adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat sesi live streaming dan mempromosikan toko & produk secara langsung ke Pembeli.

Pembeli dapat langsung berkomunikasi dengan Anda secara real-time untuk mengetahui lebih banyak mengenai produk Anda dan membelinya secara langsung tanpa meninggalkan halaman streaming.

Lewat interaksi langsung dengan Pembeli, Anda dapat memahami kebutuhan Pembeli dan menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih baik untuk mereka.

Penjual yang menayangkan ulang sesi streaming akan mempunyai tab Shopee LIVE di halaman tokonya.

12. Gunakan fitur iklan

Dapatkan lebih banyak pembeli dengan iklan Shopee, memungkinkan Anda untuk memasang iklan produk/toko di dalam aplikasi dan situs Shopee. Berikut tiga jenis iklan yang dapat Anda gunakan untuk mengiklankan produk dan toko Anda di Shopee:

Iklan Pencarian Produk

Iklan Shopee memungkinkan Anda untuk memasang iklan produk/toko di dalam aplikasi dan situs Shopee. Berikut tiga jenis iklan yang dapat Anda gunakan untuk mengiklankan produk dan toko Anda di Shopee:

Iklan Pencarian Toko

Iklan Pencarian Toko yang memperlihatkan nama toko, foto profil toko, dan slogan iklan akan ditampilkan di posisi teratas halaman hasil pencarian saat kata pencarian yang dicari Pembeli dan yang Anda iklankan sama.

Iklan Produk Serupa

Iklan tampil di Produk Serupa & Kamu Mungkin Juga Suka pada halaman rincian produk untuk menjangkau Pembeli yang relevan dengan iklan Anda

13. Jangan Lupa, Sebarkan Di Sosial Media

Tips terakhir agar jualan di Shopee laku keras, yaitu menyebarkan informasi jualan di akun sosial mediamu. Di sosial media, seperti Instagram telah dilengkapi tautan otomatis yang dapat mengantarkan pengunjung ke toko online-mu di Shopee secara langsung. 

Itulah 12 tips agar jualan di Shopee laku keras yang dapat kamu coba. Yang paling penting adalah, harus kreatif dalam menciptakan branding toko agar mencolok dibandingkan toko online lainnya.

Ngomong-ngomong soal tips meningkatkan penjualan di Shopee, Anda bisa bisnis produk kosmetik dengan membuat produk skincare. Asia Skinlab akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. 

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786