Begini Cara Memakai Sunscreen yang Benar, Supaya Kulit Tidak Gosong

Cara memakai sunscreen yang benar adalah mengoleskannya pada area kulit wajah dan tubuh secara merata 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pastikan Anda tahu cara memakai sunscreen yang benar sesuai jenis kulit. Penting pula pakai sunscreen bila hanya beraktivitas di rumah atau dalam ruangan saja.

Cara memakai sunscreen yang benar merupakan hal yang sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Dengan ini, manfaat sunscreen dapat bekerja dengan maksimal dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan risiko kanker kulit.

Namun pertanyaannya, sudah tepatkah cara pakai sunscreen yang Anda lakukan selama ini? Untuk mengetahuinya, simak cara pemakaian sunscreen di bawah ini

Bagaimana cara memakai sunscreen yang benar?

Sunscreen atau tabir surya yang dirancang khusus untuk setiap jenis kulit wajah memang berbeda-beda. Kendati demikian, cara pakai sunscreen untuk setiap jenis kulit, sama saja.  

Sebenarnya, sunscreen dipakai setelah apa? Cara memakai sunscreen yang benar dilakukan setelah membersihkan wajah serta menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, seperti pelembap, essence, serum, atau toner wajah.

Cara menggunakan skincare setelah memakai tabir surya dapat membuat sunscreen luntur dan tidak lagi bekerja maksimal menyerap ke dalam kulit.Sebaliknya, Anda dapat melanjutkan penggunaan bedak dan produk make up lainnya setelah memakai sunscreen.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara memakai sunscreen yang benar agar kulit terlindungi maksimal.

  1. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan.

Menurut American Academy of Dermatology, manfaat sunscreen membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk benar-benar dapat menyerap sebelum bekerja melindungi kulit. Jika Anda baru menggunakan sunscreen beberapa saat sebelum beraktivitas di luar ruangan, kulit bisa jadi tidak mendapatkan perlindungan apa pun sehingga berisiko mengalami kulit terbakar matahari.

Pilih sunscreen minimal SPF 30

Perlindungan dari sinar UVB yang ditawarkan sunscreen bisa berbeda-beda tergantung pada kadar SPF yang terkandung di dalamnya.

  • Sunscreen SPF 15 melindungi kulit dari 93% paparan sinar UVB.
  • Sunscreen SPF 30 melindungi kulit dari 97% paparan sinar UVB.
  • Sunscreen SPF 50 melindungi kulit dari 97% paparan sinar UVB.
  • Sunscreen SPF 100 melindungi kulit dari 100% paparan sinar UVB.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengingatkan bahwa kandungan sunscreen dengan SPF di bawah 15 hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, bukan perlindungan dari kanker kulit atau penuaan dini.

Selain itu, penting pula memilih sunscreen berlabel broad-spectrum. Artinya, sunscreen tersebut mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Perlindungan terhadap sinar UVA bisa mencegah Anda dari risiko penuaan dini dan kanker kulit. Sedangkan, proteksi terhadap sinar UVB dapat melindungi kulit dari risiko kanker kulit dan kulit terbakar sinar matahari.

2. Kocok sebelum Anda menekan sunscreen keluar.

Cara memakai sunscreen berikutnya adalah dengan mengocok wadahnya terlebih dulu sebelum digunakan.Langkah ini bertujuan untuk mencampur seluruh partikel yang mungkin menggumpal pada wadahnya. Hal ini berlaku untuk jenis sunscreen dalam wadah tube atau spray.

3. Tuangkan sunscreen sesuai kebutuhan kulit Anda. 

Cara memakai sunscreen yang benar adalah mengeluarkannya sepanjang 2 jari tangan, yakni 1 jari telunjuk dan 1 jari tengah. Kemudian, oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah seraya memijat kulit dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan.

4. Oleskan merata ke seluruh bagian tubuh 

Cara memakai sunscreen yang benar juga perlu menyentuh area tubuh lainnya. Anda bisa mengoles sunscreen secara merata pada bagian tubuh yang tidak tertutup baju atau akan terpapar sinar matahari. Misalnya, area tengkuk leher, dada, belakang telinga, siku, area belakang lutut, dan kaki. Pada permukaan bibir, Anda bisa mengoleskan pelembap yang mengandung SPF minimal 15.

5. Oleskan sunscreen beberapa kali dalam sehari

Meski Anda sudah memakainya dari rumah, tapi Anda perlu mengoleskannya kembali. Karena tidak ada sunscreen yang 100% melindungi kulit dari sinar matahari meskipun Anda menggunakan SPF tinggi. Sunscreen akan luntur atau hilang saat Anda berkeringat dan jika terkena air. Karena itu, sebaiknya oleskan kembali sunscreen setiap dua jam sekali.

6. Gunakan sunscreen setiap kali Anda akan keluar rumah

Meski sinar UVB melemah saat musim hujan, namun sinar UVA menjadi lebih kuat. Baik sinar UVA dan UVB sama-sama dapat menyebabkan kanker kulit dan kerusakan sel akibat sinar matahari. Oleh sebab itu, Anda tetap harus menggunakan sunscreen meskipun di musim hujan atau ketika mendung. Memakai sunscreen juga berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Kamu pun juga bisa membuat sunscreen  dengan nama brand-mu sendiri. Asia Skinlab akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. 

Manfaatkan Jasa Maklon Kosmetik di Asia Skinlab, dengan penawaran menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak keuntungan yang menanti!

Hubungi kami untuk konsultasi produk maklon :

CV. ASIA SKINLAB
Kantor
Ruko Puri Widya Kencana K6/19,
Citraland, Surabaya.

031-744 1054
08179759777
Pabrik
Jl. Raya Cangkir 388 blok A2,
Driyorejo, Gresik

031 – 9905 2786